Jurnal Tunas Bangsa https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa <p>Jurnal Tunas Bangsa merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian dibidang ilmu pendidikan sekolah dasar yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada Universitas Bina Bangsa Getsempena. Jurnal ini terakreditasi Sinta 4 Nomor 164/E/KPT/2021, tanggal 27 Desember 2021 dan terbit dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus. Bidang fokus dalam penerbitan artikel terdiri dari Pendidikan dan pembelajaran, strategi belajar mengajar, media pembelajaran, dan penelitian tentang Pendidikan sekolah dasar lainnya.</p> <p>p-ISSN: 2355-0066; e-ISSN: 2502-681X</p> en-US lppm@bbg.ac.id (LPPM STKIP BBG) ferdi@bbg.ac.id (Ferdi Riansyah) Wed, 13 Aug 2025 09:00:53 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN DESIMAL PADA SISWA KELAS V SDN 58 BANDA ACEH https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/3350 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perkalian desimal. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 58 Banda Aceh, khususnya dalam memahami konsep perkalian desimal yang selama ini diajarkan secara konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain <em>one-shot case study</em>, di mana siswa diberikan perlakuan melalui pembelajaran berbasis PBL dan kemudian diuji menggunakan post-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa data post-test tidak berdistribusi normal, sehingga dilakukan uji Wilcoxon Signed-Rank. Nilai signifikansi p = 0.001 &lt; 0.05 menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman perkalian desimal siswa. Pembelajaran melalui PBL mampu menciptakan proses belajar yang lebih kontekstual, aktif, dan bermakna sehingga siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami konsep secara mendalam. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PBL dalam pembelajaran matematika untuk mendorong keterlibatan siswa dan meningkatkan hasil belajar secara signifikan.<br><br><br><em><strong>Abstract</strong></em><br><em>This study aims to determine the effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) model in improving students’ understanding of decimal multiplication. The background of the research stems from the low learning outcomes of fifth-grade students at SDN 58 Banda Aceh, particularly in mastering decimal multiplication, which has been traditionally taught using conventional methods that lack student engagement. This study employed a pre-experimental method with a one-shot case study design, in which students received instruction through PBL and were then assessed using a post-test. The analysis showed that the post-test data were not normally distributed; therefore, the Wilcoxon Signed-Rank Test was used. The test result yielded a significance value of p = 0.001 &lt; 0.05, indicating that the PBL model was effective in enhancing students' understanding of decimal multiplication. PBL fostered a contextual, active, and meaningful learning process, enabling students not only to memorize procedures but also to deeply comprehend mathematical concepts. The study recommends the implementation of PBL in mathematics instruction to promote student engagement and significantly improve learning outcomes</em>.</p> Tria Marvida, Rahmat Fitra, Raziska Ibrahimi, Helminsyah Helminsyah Copyright (c) 2025 Jurnal Tunas Bangsa https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/3350 Mon, 11 Aug 2025 17:02:40 +0700