PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN ENTREPRENEURSHIP BERINTEGRITAS PADA FAKULTAS AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH BANDA ACEH

  • Hayati Hayati Universitas Serambi Mekkah
  • Ismawirna Ismawirna Universitas Serambi Mekkah
  • Taat Kurnita Yeniningsih Universitas Syiah Kuala
Keywords: independent character, entrepreneurship, and integrity

Abstract

University is a representative facility to develop independent character through entrepreneurship event at the Faculty of Islamic Studies, Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh. It is argued that the university can reshape the future leaders of a country. This study aims to develop an independent character through an entrepreneurship event at the Faculty of Islamic Studies, Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh. The long-term aim of this research is to create university alumni having high integrity, independent soul, and entrepreneurial spirit. The research designed as Research and Development (R&D) conducted within two phases. In the first phase, a survey on method and approach utilized as an input for the development of entrepreneurship learning methods. In the second phase, the trial of the entrepreneurship learning method will be conducted in the field with the involvement of students and lecturers. The research method is using a mixed method approach. As the data collection method, the researcher conducts interviews, documentation, and observation. Additionally, the Likert scale is used during quantitative research. The total population of this research is 130 students from four different departments within the Faculty of Islamic Studies. The sample itself is thirteen students from the population. The sampling technique uses purposive sampling. The data analysis technique utilizes quantitative and qualitative descriptive analysis. The results show that from 13 respondents of the entrepreneurship event, there are only two brave students who open independent businesses and new employments after finishing their studies. Both of the students are coming from the PAI department: T. Basyira opens a cafe named "Moment Caffee" besides BBG College Darussalam; and Muliani who opens a grocery store at Ateuk Pahlawan. Both of them successfully manage their time to graduate on time and to work in their businesses.

Abstrak

Perguruan Tinggi merupakan sarana yang representatif dalam mengembangkan karakter mandiri melalui kegiatan entrepreneurship pada Fakultas Agama Islam di Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh karena perguruan tinggi dinilai mampu membentuk cikal bakal calon pemimpin bangsa. Penelitan ini bertujuan mengembangkan karakter mandiri melalui kegiatan entrepreneurship pada Fakultas Agama Islam di Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah  untuk mewujudkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki integritas yang tinggi, memiliki jiwa mandiri, dan mampu menciptakan lapangan kerja baru. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama melakukan survey tentang pendekatan yang digunakan sebagai masukan dalam pengembangan metode pembelajaran entrepreneurship. Tahap kedua, dilakukan uji coba pengembangan pembelajaran entrepreneurship di lapangan dengan melibatkan mahasiswa dan dosen. Metode penelitian ini dengan menggunakan pendekatan mixed method. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pada penelitian kuantitatif, peneliti menggunakan skala likert. Dari jumlah populasi sebanyak 130 mahasiswa Fakultas Agama Islam yang terdiri dari 4 program studi, peneliti mengambil sampel sebanyak 13 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 mahasiswa yang dilakukan uji coba dalam kegiatan entrepreneurship, hanya 2 orang mahasiswa yang berani membuka usaha mandiri.  Kedua mahasiswa tersebut berasal dari jurusan PAI yakni T. Basyira yang membuka kafe dengan nama “Moment Caffee” di samping Kampus BBG Darussalam dan Muliani yang membuka warung kelontong di Ateuk Pahlawan. Keduanya mampu menyelesaikan kuliahnya tepat waktu sambil bekerja.

Kata Kunci: karakter mandiri, entrepreneurship, dan integritas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ad, S. (2013). Pendidikan Kewirausahaan, Teri & Praktek. Jakarta: Gramedia.

Alma. (2008). Keentrepreneuran Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Anisdity, S.K. (2016). Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (2), 9.

Bambang, B. S. (2009). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di kalangan Dosen dan Mahasiswa, Jurnal Fakultas Ekonomo Bisnis, Edisi 14, Nomor 2 Universitas Negeri Malang, hal. 1-14.

Depdiknas. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasonal. Jakarta: Depsiknas.

Dumiyati. (2015). Pendekatan Experiential Learning dalam Perkuliahan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Asean Economi Community (Suatu kajian Teoritis). Prosiding Seminar Nasional 9 Mei.

Dwi, W.P.R. (2016). Membangun Perilaku Entrepreneur Pada Mahasiswa Melalui Entrepreneurship Education: Jurnal JEMA 3(1), Maret, hal. 79-86.

Hadiyati. (2016). Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Tempatan, Seminar Internasional, LSM, Malaysia.

Hayati. (2019). The Implementation of Integrity Learning Through Entrepreneurship Activities and Anti-Corruption Behavior: Jurnal Ilmiah Peuradeun, 7(2), hal. 285-294.

TIM Pusat Kurikulum Pengembangan Pendidikan Entrepreneurship. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta: Balitbang Kemendiknas RI.

Lexy, J., & Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2009). Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Kencana.

Nasution, S. (2005). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito Nasution.

Saiman, L. (2009). Kewirausahaan, Teori, Praktek, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Suharsimi, A. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syukur, K. (2006). Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Citapustaka Media.

Sri, N. (2011). Pendidikan Karakter Penginterasian 18 Nilai Pembentukan Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Famila.

TIM Pusat Kurikulum Pengembangan Pendidikan Entrepreneurship. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta: Balitbang Kemendiknas RI.

Zimmerer, W.T., & Scarborough, M.N. (1996). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Prentice Hall: Third Edition.

Article Metrics
Abstract views: 346
pdf downloads: 648
Published
2020-06-29
How to Cite
Hayati, H., Ismawirna, I., & Taat Kurnita Yeniningsih. (2020). PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN ENTREPRENEURSHIP BERINTEGRITAS PADA FAKULTAS AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH BANDA ACEH. Visipena, 11(1), 60-76. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1066
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)