PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN PERGURUAN TINGGI SWASTA LABUHAN BATU
Abstract
Effect of Work Motivation on the Performance of Labuhan Batu Private University Lecturers]. This study aims to determine and analyze work motivation directly affect the performance of Labuhan Batu Private University lecturers. Subjects were Labuhan Batu Private University lecturers with a total sample of 125 people, taken by means of a random sampling formula using the Slovin formula, and data were analyzed using path analysis after calculating the correlation of all research variables in the form of a matrix. The research findings obtained work motivation has a direct effect on the positive performance of Labuhan Batu Private University lecturers. Obtained a significant path coefficient between work motivation and lecturer performance, namely: ρ65 = 0.21. Furthermore, based on the calculation of the direct influence of work motivation with lecturer performance of 0.212 = 0.044. Thus, work motivation that directly determines changes in lecturer performance is 4.4%.
Abstrak
Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu]. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu. Subjek penelitian adalah dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu dengan jumlah sampel sebanyak 125 orang, yang diambil dengan cara rumus random sampling menggunakan rumus Slovin, dan data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur setelah dihitung korelasi seluruh variabel penelitian dalam bentuk matriks. Hasil temuan penelitian diperoleh Motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap positif kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu. diperoleh koefisien jalur yang signifikan antara motivasi kerja dengan Kinerja dosen, yaitu: ρ65 = 0,21, Selanjutnya, berdasarkan hasil perhitungan pengaruh langsung motivasi kerja dengan kinerja dosen sebesar 0,212 =0,044. Dengan demikian, motivasi kerja yang secara langsung menentukan perubahan- perubahan kinerja dosen adalah sebesar 4,4 %.
Kata Kunci: motivasi kerja, kinerja dosen
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Colcuit, J. A., Jeffery A., LePine., & M. J. W. (2009). Organizazional Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace (McGraw-Hill, ed.). New York.
Deci, E. L., Koestner, R., & Ryan, R. M. (2001). Extrinsic Rewards and Intrinsic Motivation in Education: Reconsidered Once Again. Review of Educational Research, 71(1), 1–27. https://doi.org/10.3102/00346543071001001.
Gibson., & Ivancevic, D. (1997). Organization, Behavior, Structure, Process. Jakarta: . Bina Rupa Aksara.
Hendijani, R., Bischak, D. P., Arvai, J., & Dugar, S. (2016). Intrinsic motivation, external reward, and their effect on overall motivation and performance. Human Performance. https://doi.org/10.1080/08959285.2016.1157595.
Lawasi, E. S., & Triatmanto, B. (2017). Pengaruh komunikasi, motivasi, dan kerjasama tim terhadap peningkatan kinerja karyawan. Jurnal manajemen dan kewirausahaan. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1313.
Permendikbud-RI-No.87. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia No 87 Th 2014 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia.
pdf downloads: 741