MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS PARTISIPASI DALAM RANGKA AKREDITASI SEKOLAH

(Studi Deskriptif Kualitatif Di SMP Strada Nawar Kota Bekasi)

  • Stevany Stevany Universitas Negeri Jakarta
  • Bedjo Sujanto Universitas Negeri Jakarta
  • Masduki Ahmad Universitas Negeri Jakarta
Keywords: school-based management, participation, accreditation

Abstract

The aim of this research is to describe based on participative school to improve the accreditation of Strada Nawar Junior High School, Bekasi, in terms of (a) Planning, (b) Organization, (c) Implementation, and (d) Evaluation. This research uses descriptive qualitative approach by a case study in Strada Nawar Junior High School, Bekasi. The informants are the principal, teachers, administration staffs, all employees and students of Strada Nawar Junior High School Bekasi, taken according to the assignment or reference of the previous accreditation assessment. Data collection technique uses observation and interview. School-based management and participation management have to be applied in teamwork between the teachers, staffs, vice principal and society to write down every format according to their own task, needed in the school accreditation in Strada Nawar Junior High School. The main role is the principle as the manager to improve the school accreditation. While the resistors are: (1) Lack of information in assessment aspects and format so they still use old guidance, (2) Lack of preparation of time and team, (3) Lack of collaboration and participation of all school components, (4) Less effective management of the principle as the leader to face the accreditation assessment.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai sekolah berbasis partisipatif dalam meningkatkan akreditasi di SMP Strada Nawar Kota Bekasi dalam hal: (a) Perencanaan, (b) Pengorganisasian, (c) Pelaksanaan, dan (d) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus di SMP Strada Nawar Bekasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf tata usaha (TU) dan seluruh pegawai serta siswa-siswi SMP Strada Nawar  Kota Bekasi  yang diambil berdasarkan penugasan atau penunjukkan dalam pelaksanaan penilaian akreditasi sebelumnya. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan wawancara. Manajemen berbasis sekolah dan manajemen partisipasi harus diterapkan melalui kerjasama yang melibatkan guru, staff, wakil kepala sekolah dan masyarakat dalam mengisi format sesuai dengan tugasnya masing-masing yang dibutuhkan dalam akreditasi sekolah di SMP Strada Nawar. Peran yang paling utama adalah kepalah sekolah sebagai manajer dalam peningkatan akreidatasi sekolah. Sementara, faktor penghambatnya adalah Kurangnya informasi dalam aspek penilaian dan formatnya sehingga masih menggunakan panduan lama, (2) Kurang persiapan dari segi waktu dan tim yang dibentuk, (3) Kurangnya kerjasama dan partisipasi seluruh komponen sekolah, (4) Manajemen yang kurang efektif dari kepala sekolah selaku pimpinan dalam menghadapi penilaian akreditasi.

Kata Kunci : manajemen berbasis sekolah, partisipasi, akreditasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. D., & Siti, I. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Amirin. (1986). Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pengantar Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 22-77.

Arterbury, E., & Hord, S.M. (1991). “Site-Based Decision Making: Its Potential for Enhancing Learner Outcomes. InternationalJournalofSchool-BasedManagement.http://educationnorthwest.org/sites/default/files/School-Based-Management.pdf (diunduh pada tanggal 28 Mei 2018 pukul 15.00).

Astuti, D. (2009). Desentralisasi dan Partisipasi Dalam Pendiidkan. Yogyakarta: UNY.

Aswasulasikin, (2009). Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Sekolah Dasar di Perigi Kecamatan Suela Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Tesis Magister, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Bahaddur, M. (2012). Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Pembelajaran di Sd Islam Terpadu Salman Al Farisi Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.

Bauer, M. W., & George, G. (1992). Qualitative Researching: With Text, Image and Sound. London: SAGE Publications, 48.

Bell, L., & Tony, B. (2002). The Principles and Practice of Educational Management. London: Paul Chapman Publishing, 3.

Budimansyah, D. (2008). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._II_No._1 Januari_2008/7_Dasim_Budimansyah_rev.pdf.

Buford, J.A., & Bedeian, A.G. (1988). Management in Extension. Auburn: Alabama Cooperative.

Brittingham, B. (2009). Accreditation in the United States: How did we get to where we are? New Directions for Higher Education. International Journal of Should Accreditation be Conducted by the Federal Government. E-Journal of Education Policy Established 2000.

Danim, S. (2006). Visi Baru Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 179-180.

Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitas. Bandung: Pustaka Setia.

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK & SLB. Jakarta: BP. Cipta Karya.

El-Khawas, E. (2001). Accreditation in the USA: Origins, developments and future prospects. Improving the managerial effectiveness of higher education institutions. International Journal of Understanding the concept of accreditation.

Engkoswara., & Komariah, A. (2010). Administrasi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Faisal, S. (2005). Penelitian Kualitatif (Dasar-dasar dan Aplikasi). Malang: Ya.

Glatthorn, A., Boschee, F., & Whitehead, B. (2006). Curriculum leadership: Development and implementation. Thousand Oaks, CA: SAGE, 232.

Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif, Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hasibuan., & Malayu, SP. (2001). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Seri Disertasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Holil, S. (1980). Partisipasi Sosial dalam Usaha Kesejahteraan Sosial. Bandung.

Mikkelsen, B. (1999). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan: sebuah buku pegangan bagi para praktisi lapangan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Miles, M.B., & Michael, H.A. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong., & Lexy, J. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Muhajir, N. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Muhammad, M. (2008). Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Kebijakan Publik Bidang Pendidikan di Kota Surakarta. Tesis Magister, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyadi. (2010). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu. Malang: UIN-Maliki Press.

Mulyasa. (2002). Menajemen Berbasis Sekolah; Konsep Strategi Dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siswanto, B. (1990). Manajemen Modern; Konsep dan Aplikasi. Bandung: Sinar Baru.

Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudrajat, H. (2005). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Article Metrics
Abstract views: 33
pdf downloads: 18
Published
2020-06-30
How to Cite
Stevany, S., Sujanto, B., & Ahmad, M. (2020). MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS PARTISIPASI DALAM RANGKA AKREDITASI SEKOLAH : (Studi Deskriptif Kualitatif Di SMP Strada Nawar Kota Bekasi). Visipena, 11(1), 77-98. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1091
Section
Articles