PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING DAN PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF

  • Suhartini Maharani SD IT AL Madinah, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: cooperative learning, TGT, STAD, kinesthetic perception, learning outcomes

Abstract

This study aims to determine the effect of the TGT and STAD learning models on manipulative basic motion learning outcomes, to analyze the interaction of cooperative learning models with kinesthetic perceptions on learning outcomes, as well as differences in learning outcomes with TGT and STAD models in students with high and low kinesthetic perceptions. This study uses an experimental method with factorial design. The study was conducted at SDIT Al Madinah in 4th grade students. Data analysis was performed using descriptive analysis and different tests. The results showed that there were significant differences in the learning outcome in the learning model with the TGT model with the STAD model. There is an interaction between learning models with kinesthetic perception on learning outcomes. In the high kinesthetic perception, the learning outcomes of the TGT class are much higher than the STAD class, whereas in the low kinesthetic perception, the learning outcomes of the TGT class are slightly higher than the STAD class.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT dan STAD pada hasil belajar gerak dasar manipulatif, menganalisis interaksi model cooperative learning dengan persepsi kinestetik pada hasil belajar, serta perbedaan hasil belajar dengan model TGT dan STAD pada siswa dengan persepsi kinestetik tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain factorial design. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah pada siswa kelas 4. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar gerak dasar manipulatif pada model pembelajaran dengan model TGT dengan model STAD. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan persepsi kinestetik pada hasil belajar. Pada persepsi kinestetik tinggi, hasil belajar kelas TGT jauh lebih tinggi dari kelas STAD, sedangkan pada persepsi kinestetik rendah, hasil belajar kelas TGT sedikit lebih tinggi dari kelas STAD.

Kata Kunci: cooperative learning, TGT, STAD, persepsi kinestetik, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Aka, K. A. (2016). Komparasi Penerapan Model STAD dan TGT terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa (Studi pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKn di SDN Bendo 1, Kec. Pare, Kab. Kediri). Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 103–111.

Altun, S. (2015). The effect of cooperative learning on students’ achievement and views on the science and technology course. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 451–468.

Anto, P. J., Padmadewi, N., & Putra, A. J. N. (2013). The Effect of Student Team Achievement Divisions (STAD) and Learning Motivation toward the Students’ Reading Competence of The Eighth Year Students of SMP N 3 Ubud in the Academic Year 2012-2013 (Vol. 1).

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Gayatri, P., & Vivek, P. (2014). Comparative Study of Kinesthetic Perceptions of Male and Female Field Hockey Players. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, 3(19), 491–498. Retrieved from www.srjis.com.

Gull, F., & Shehzad, S. (2015). Effects of Cooperative Learning on Students’ Academic Achievement. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(3), 246. https://doi.org/10.11591/edulearn.v9i3.2071

Hendrayana, Y. (2011). Keterampilan Sepakbola: Studi Korelasi antara Persepsi Kinestetik, Adaptasi dan Kelincahan dengan Keterampilan Sepakbola Siswa-siswa Sekolah Sepakbola di Kota Bandung. Manajerial, 9(18), 17–30.

Herywansyah. (2011). Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Persepsi Kinestetik terhadap Hasil Tembakan Lay Up Bola Basket. Jurnal Ilmiah Spirit, 11(3), 16–30.

Huda, N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Persepsi Kinestetik terhadap Hasil Pembelajaran Lay Up Shoot Bola Basket. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4(2), 78–82. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki.

Ismah, Z., & Ernawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82–85. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576.

Jamaludin, M., & Mokhtar, M. F. (2018). Students Team Achievement Division. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(2), 571–577. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i2/3966.

Kristi, L. W., Ashadi, & Nurhayati, N. D. (2013). Studi Komparasi Metode STAD dan TGT Ditinjau dari Memori terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Sub Pokok Behasan Minyak Bumi pada Siswa Kelas X SMA N 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2011-2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 19–24.

Mudiyanto, H. (2017). Differences of Effectiveness of Cooperative Learning Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) and Group Working on Learning Result at Elemntary School | 25 Differences Of Effectiveness Of Cooperative Learning Learning Model Type Teams Games Tourna. Journal of Elementary Education, 1(1), 25–36.

Mulyatiningsih, E. (2010). Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Depok: P4TK Bisnis dan Pariwisata.

Nugroho, S. (2005). Peran Kinestesis dalam Pembelajaran Motorik. Cakrawala Pendidikan, 24(2), 235–257.

Putra, F. M., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi. (2016). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. In Prosiding Seminar Nasional Peran Pendidikan Jasmani Dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan (pp. 377–389).

Rakhman, A., & Syatroh, I. L. (2015). The Analysis of Students’ Team Achievement Division (STAD) Used in Learning Practice of Translating and Interpreting. ELTIN Journal, 3(2), 72–84.

RI, P. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, Pub. L. No. 3(42). Indonesia.

Ritonga, M. N. (2017). Application of Team Games Tournament to Increase Students’ Knowledge in National Economic of Indonesia. Asian Journal of Management Sciences & Education, 6(4), 118–125.

Rosmi, Y. F. (2017). Kontribusi Power Otot Tungkai, Persepsi Kinestetik dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Keberhasilan Tembakan Lompat (Jump Shoot) Bola Basket. Jurnal Buana Pendidikan, 12(22), 135–160.

Rusmawati, P. E., Candiasa, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP N 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2012/2013. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11. Retrieved from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/view/884

Samara, D., Juraid, H., Samuel, D., & Patampang, S. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. E-Jurnal Katalogis, 4(7), 205–214.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business : a skill-building approach. Chichester: John Wiley & Sons. Retrieved from www.wileypluslearningspace.com

Sitorus, E. N., & Surya, E. (2017). The Influence of Teams Games Tournament Cooperative Learning Model on Students’ Creativity Learning Mathematics. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 34(1), 16–24. Retrieved from http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryono, S. (2018). Pengaruh metode latihan dan persepsi kinestetik terhadap keterampilan groundstrokes tenis lapangan pada siswa SD. Jurnal Keolahragaan, 4(2), 220. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.10901.

Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) melalui Media Kartu Domino pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal (Vol. 5).

Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering Students’ Attitudes and Achievement in Probability Using Teams-games-tournaments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 59–64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152.

Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica, 18(1), 76–84.

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyawati, R. T., Masykuri, M., & Utami, B. (2016). Studi Komparasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Students Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Prestasi Belajar pada Materi Pokok Termokimia Ditinjau dari Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(4), 60–68. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia

Wyk, M.M.V. (2011). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal of Social Sciences, 26(3), 183–193. https://doi.org/10.1080/09718923.2011.11892895

Article Metrics
Abstract views: 453
pdf downloads: 399
Published
2020-06-30
How to Cite
Suhartini Maharani. (2020). PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING DAN PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF . Visipena, 11(1), 99-115. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1092
Section
Articles