PENGEMBANGAN MODEL GAME OUTDOOR ACTIVITIES TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA SDN 067250 MABAR

  • Devi Catur STOK Bina Guna Medan
  • Andi Nur Abady Sekolah Tinggi Olahraga Dan Kesehatan Bina Guna Medan
Keywords: Outdoor Activity Game Model, Character Building

Abstract

Character building is one of the goals of national education. In the National Education System Law no. 20 of 2003 states that the goal of national education is to develop the potential of students to have intelligence, personality and noble character. The purpose of this research is to form the character of students from an early age through outdoor activities by forming the character of a spirit of leadership, discipline, mutual respect and being able to make decisions in any case so that students are more independent and ready to face a better future and challenges. It is hoped that this outdoor activity game can be a means for students to express and appreciate better behavior and make students become individuals who are able to compete so that in the future. The specific objective of this research is to develop an outdoor activity game model in character building for SDN 067250 Mabar students using the R & D research method carried out by small-scale testing at SDN 060952 Medan Labuhan by distributing questionnaires and applying game forms to obtain 10 forms of play with testing from experts and ready to be tested on a large scale at SDN 067250 Mabar. With the result that the outdoor activity game is able to change the student's character as desired, it is evident from the questionnaire or questionnaire distributed to students and sports teachers who are at SDN 067250 Mabar.

Abstrak

Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan dari pendidikan nasional. Dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk karakter siswa dari sejak dini melalui permainan outdoor activity dengan membentuk karakter jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, saling menghargai dan mampu mengambil keputusan dalam hal apapun sehingga siswa lebih mandiri dan siap mengadapi masa depan dan tantangan yang lebih baik lagi. Diharapkan dengan permainan outdoor activity ini dapat menjadi sarana bagi siswa dalam meluapkan dan mengapresiasikan prilaku yang lebih baik lagi dan menjadikan siswa menjadi pribadi yang mampu bersaing sehingga dimasa yang akan datang. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan outdoor activity dalam pembentukan karakter pada siswa SDN 067250 Mabar dengan menggunakan metode penelitian R & D yang dilakukan dengan pengujian skala kecil di SDN 060952 Medan Labuhan dengan menyebarkan kuesioner dan menerapkan bentuk permainan didapat 10 bentuk permainan dengan pengujian dari para ahli dan siap diuji diskala besar di SDN 067250 mabar. Dengan hasil bahwa permainan outdoor activity mampu mengubah karakter siswa sesuai yang diinginkan terbukti dari kuesioner atau angket yang disebarkan kepada siswa dan guru olahraga yang berada di SDN 067250 Mabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariswan taufik, herman subarja, tedi supriadi, rizal ahmad fauzi, Pengaruh Kegiatan Pembelajaran Outdoor Education Terhadap Sikap Kemandirian Siswa Dalam Pendidikan Jasmani(Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sdn Argasari Dan Sdn Dangdang 2 Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung). Tersedia di https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/download/13352/7824.

Direktorat Jenderal Olahraga dan Pemuda. (2008). Rekreasi Terarah Untuk Pemuda. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga dan Pemuda, Departemen P dan K

Gulo Soemardjan, Editor. (2006) Menuju Tata Indonesia Baru. Jakarta: Gramedia

Haedar, Nasir. (2013). Pendidikan Karakter berbasis Agama & Budaya. Multi Presindo

Hernawan. (2017). Model kegiatan outdoor games activities untuk Mahasiswa program studi olahraga rekreasi fakultas ilmu keolahragaan Universitas negeri Jakarta, vol. 8 no 1. Tersedia di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/gjik/article/view/2138. diakses pada 16 juli 2020.

Nisa, Jakiatin. (2020). Outdoor Learning sebagai Metode Pembelajaran IPS dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK.

Kurnia Eka Wijayanti, Yogi Akin, Oyok Nurjatnika. Implementasi Pendidikan Luar Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Tersedia di https://ejournal.upi.edu/index.php/penjas/article/download/912017-06/4356 diakses pada 16 juli 2020

Sudewo, Erie. (2011). Character Building: Menuju Indonsesia Lebih Baik, Jakarta Rapublika

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suhendi. (2001). Olahraga dan Etika Fair Play. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Olahraga Direktorat Jendral Olahraga Departemen Pendidikan Nasional 2001

Sujanto, Agus, dkk (2004). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta, LP3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sue Docket dan Marlyn Fleer. (2000). Play and Pedagogy in Early Childhood– Bending the Rules. Sidney: Harcourt

Vygotsky. (2007). Water-Based Tourism, Sport, Leasuer, and Recreation Experiences. Burlington: Elseiver

Article Metrics
Abstract views: 289
pdf downloads: 276
Published
2020-12-31
How to Cite
Catur, D., & Abady, A. N. (2020). PENGEMBANGAN MODEL GAME OUTDOOR ACTIVITIES TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA SDN 067250 MABAR. Visipena, 11(2), 352-363. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1263
Section
Articles