EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PENGEMBANGAN SPESIALISASI POLRI T.A. 2018 DI SEKOLAH PIMPINAN TINGKAT PERTAMA POLRI

  • Hartini Hartini Universitas Negeri Jakarta
  • Rugaiyah Rugaiyah Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Kahar Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Evaluation programme, POLRI specialization development education

Abstract

The purpose of this study was to comprehensively identify and describe the implementation and achievement of the educational objectives of the specialization development education program for the 2018 fiscal year at the National Police's First Level Leadership School. This research was conducted on the results of specialization Education and Development students (which we hereinafter called Dikbangspes) who are located at Jl. Ciputat Raya no.40 Kebayoran Lama, South Jakarta. Starting from January to July 2018. The methodology used is the evaluation approach, with the CIPP model (Context, Input, Process, and Product) developed by Daniel Leroy Stufflebeam. The findings of the research are that the program priorities and objectives have been matched with the human resource needs of the National Police, and the education program is expected to be sufficiently responsive to the assessed needs plan, namely quantity (number of Polri personnel) and quality (demand for professionalism) as challenges for human resources. Police. The process of implementing the Dikbangspes at the Sespimma Polri from stage I to stage III is in accordance with the predetermined activity and implementation plans. The results of the assessment on the academic aspect of all subjects carried out by the National Police Sespimma to their students, all of whom get a score above the minimum pass threshold so that they are declared to pass.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara komprehensif pelaksanaan dan capaian tujuan pendidikan program pendidikan pengembangan spesialisasi tahun anggaran 2018 di Sekolah Pimpinan Tingkat Pertama Polri. Penelitian ini dilakukan pada hasil peserta didik Pendidikan dan Pengembangan Spesialisasi (yang selanjutnya kita sebut Dikbangspes) yang beralamat di Jl. Ciputat Raya no.40 Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Dimulai pada bulan Januari sampai Juli 2018. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan  yang digunakan  adalah evaluasi, dengan model CIPP (Context,  Input,  Process,  dan Product)  yang dikembangkan  oleh  Daniel  Leroy Stufflebeam. Temuan penelitin adalah prioritas dan tujuan program yang ditetapkan telah dimbangi dengan kebutuhan sumber daya manusia Polri, dan program pendidikan yang diharapkan cukup responsif terhadap rencana kebutuhan yang telah dinilai yaitu kuantitas (jumlah personel Polri) dan kualitas (tuntutan profesionalisme) sebagai tantangan bagi sumber daya manusia Polri. Proses pelaksanaan dikbangspes di Sespimma Polri dari tahap I hingga tahap III sesuai dengan rencana kegiatan dan pelaksanaan yang telah ditetapkan. Hasil penilaian pada aspek akademik terhadap semua mata pelajaran yang dilakukan oleh Sespimma Polri kepada peserta didiknya, semuanya mendapatkan nilai diatas batas minimal lulus sehingga dinyatakan lulus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi , Evaluasi Program Pendidikan, Bumi Aksara. 2010.

Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Syafruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidkan (Edisi Kedua). Jakarta:Bumi Aksara, 2014.

Michael Quinn Patton, Metode Evaluasi Kualitatif, terjemahan Budi Puspo Priyadi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).

Stufflebeam, D, L., & Shinkfield, A, J, (2007), EvaluationTheory, Models & Application, San Fransisco:Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Stufflebeam, D. L.,&Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation theory, models, and application. San Fransisco: Jossey-Bass.

Stufflebeam, D. L., Madaus, G.F., & Kellaghan, T. (2009) EVALUATION MODELS Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation Second Edition. New York, Boston. Dordecht, London, Moscow: Kluwer Academic Publishers New York, Boston, Dordecht, London, Moscow. https://doi.org/10.1002/jcc.24300

Sukardi, Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan, Bumi Aksara. 2014.

Zuriah, Nurul. Metode Penelitian Sosial dan pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract views: 419
pdf downloads: 444
Published
2020-12-31
How to Cite
Hartini, H., Rugaiyah, R., & Kahar, A. (2020). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PENGEMBANGAN SPESIALISASI POLRI T.A. 2018 DI SEKOLAH PIMPINAN TINGKAT PERTAMA POLRI. Visipena, 11(2), 416-426. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1299
Section
Articles