KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 27 JAKARTA

  • Veriesa Auliya Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Nurzengky Ibrahim Universitas Negeri Jakarta
  • Kurniawati Kurniawati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Professional competence, teacher, history education

Abstract

The purpose of this study was to obtain information about the learning process carried out by history teachers both from graduates of history education, as well as from history teachers who were not from historical education. The study took place from January to May 2018. The teacher who was the object of the study was a history teacher of SMAN 27 Jakarta, who had four people, consisting of three people who were graduates of history education, and one teacher who was not a graduate of education history. This research was conducted in class X at SMAN 27 JAKARTA. The method used in this research is a descriptive qualitative method. Use of this method to get the actual situation in the school and describe the results of the study. Data collection techniques used through observation, interviews, and documentation. Informants in this study were Principals, Teachers, and Students at SMAN 27 Jakarta. In this study, it can be concluded from the results of the study that the professional competence of teachers who are graduates of history is better than the professional competencies of teachers who are not historical education graduates.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sejarah baik dari yang berasal lulusan dari pendidikan sejarah, maupun dari guru sejarah yang bukan berasal dari pendidikan sejarah. Penelitian ini berlangsung dari bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2018. Guru yang menjadi objek penelitian adalah guru sejarah SMAN 27 Jakarta yang berjumalah empat orang, yang terdiri dari tiga orang yang merupakan lulusan dari pendidikan sejarah, dan satu orang guru yang merupakan bukan lulusan dari pedidikan sejarah. Penelitian ini dilakukan pada kelas X di SMAN 27 JAKARTA.  Adapun metode yang digunanakan dalam Penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Penggunaan metode ini untuk mendapatkan keadaan yang sebenarnya disekolah dan dideskripsikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa di SMAN 27 Jakarta. Pada penelitian ini didapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa kompetensi profesional guru yang merupakan lulusan sejarah lebih baik dari pada kompetensi profsional guru yang bukan lulusan pendidikan sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baedhowi, (2009). Lika-Liku Sertifikasi Guru dalam buku “Pengembangan Profesionalisme Guru” Jakarta : Uhamka Press.

DeddyMulyana, (2010). MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.

E. Mulyasa. (2016). Menjadi Guru Profesional .Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Firdos, (2017). Strategimengelolapembelajaranbermutu. Bandung : PT. RemajaRosdakarya.

Hamzah B. Uno, (2016). ProfesiKependidikanProblema, Solusi, danReformasiPendidikan di Indonesia.Jakarta :BumiAksara.

Imam Basori, (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar siswa SMPIT Hidayatutu Tholibin Kota Serang. Jurnal Ilmah Revenue : Akademi Akuntansi Keuangan dan Perbankan Indonesia. Vol.2, no.2, Juni 2016.

Imas Kurniasih & Berlin Sani,(2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Jamil Suprihatiningrum. Guru Profesional. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA. 2016.

John W. Creswell. (2014).PenelitianKualitatifdandesainriset. Yogyakarta: Pustakapelajar.

Mahmud. PengembanganProfesiGuru .Bandung :PustakaSetia. 2012.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian “Suatu pendekatan praktik”. Jakarta: RinekaCipta.

Sumanto, (2014). TeoridanAplikasimetodePenelitian. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Article Metrics
Abstract views: 35
pdf downloads: 22
Published
2020-12-31
How to Cite
Utami , V. A., Ibrahim, N., & Kurniawati, K. (2020). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 27 JAKARTA. Visipena, 11(2), 449-460. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1302
Section
Articles