PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA
Abstract
Learning at this time focuses on students in achieving learning objectives. One of the important skills to develop is communication skills. Communication is an important thing in everyday life. This study aims to determine that learning with the guided inquiry model can develop students' communication skills. This research uses Pre-experimental Designs by using One-Shot Case Study design. Data collection techniques in this study using observation and documentation techniques. Data analysis in this study used the normality test with Shapiro Wilk and the t-test paired samples test difference test. The results of the analysis show that the data is normally distributed with the value of Significant in observation 1 of 0.143 and the value of Significant in observation 2 of 0.128. The correlation coefficient value is 0.484 with the value of Sig. of 0.031. Because the value of Significant 0.031 < 0.05, it can be said that there is a relationship between observation 1 and observation 2. It is known that the value of tcount = 9,151 and the value of ttable = 2,093, meaning that the value of ttable = 2,093 < tcount value = 9,151 Ha is accepted. It can be concluded that there is a significant influence on the guided inquiry learning model on students' communication skills.
Abstrak
Pembelajaran pada saat ini berfokus kepada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu keterampilan yang penting untuk dikembangkan adalah keterampilan komunikasi. Komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dapat mengembangkan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan desain Pre-experimental Designs dengan menggunakan desain One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan Shapiro wilk dan uji beda t test paired samples test. Hasil analisis menunjukkan data terdistribusi normal dengan nilai Signifikan pada observasi 1 sebesar 0,143 dan nilai Signifikan pada observasi 2 sebesar 0,128. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,484 dengan nilai Signifikan sebesar 0,031. Karena nilai Signifikan 0,031 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara observasi 1 dan observasi 2. Diketahui nilai thitung =9,151 dan nilai ttabel = 2,093, berarti nilai ttabel = 2,093 < nilai thitung = 9,151 Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan komunikasi siswa.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Komunikasi Lisan
Downloads
References
Ambarsari, W., & Santosa, S. (2013). penerapan pembelajaran inkuiri terbimbingTerhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5, 81–95. https://doi.org/10.1016/s0065-2296(08)00803-3
Azizah, H. N., Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2931
Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066
Faizah, N. (2016). Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA Kelas X.
Fath, A. M. Al. (2015). Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Materi Lingkungan Kelas V SD Negeri Kacangan I Kecamatan Sumberlawang. Visipena, VI(2), 1–11.
Fitriana, E., Utaya, S., & Budijanto. (2016). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan, 1(4), 662–667. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/download/3525/1879
Hapsari, D. P., Suciati Sudarisman, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3), 16–28. Guided Inquiry Models, Diagram V (Vee), Critical Thinking Skills, Biology Learning Achievement%0Apendahuluan
Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10940
Hermawati, N. W. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 1–30. http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/488
Ismail, N. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 12 Banda Aceh Pada Pembelajaran Sejarah Melalui Penggunaan Metode Inkuiri. Visipena, 9(1), 173–192.
Kamaruzzaman. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 90–96.
Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503
Nur Inah, E. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Pramesti, O. B., Supeno, & Astutik, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya, 4(1), 21–30.
Setyawarno, didik. (2017). Uji Statistik untuk Penelitian. In didik Setyawarno (Ed.), Uji Statistik untuk Penelitian (pp. 1–23). universitas Negeri Yogyakarta.
Singgih Santoso. (2014). Statistik non parametrik : konsep dan aplikasi dengan SPSS / Singgih Santoso (E. M. Komputndo (ed.); revisi). Komputndo, Elex Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Alabeta (ed.)). Alfabeta.
Thursinawati, T. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pemahaman Hakikat Sains Siswa. Visi, III(1), 83–99.
Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 05(01), 51–82.
Wilhalminah, A., Rahman, U., & Muchlisah, muchlisah. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Siswa Pada Mata Pelajaran. Biotek, 5(2), 37–52.
Yuritantri, L. A. (2013). Pembelajaran dengan Metode Guided Inquiry untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Komunikasi Siswa.
pdf downloads: 1402