PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGLOLIBABA BISKUIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KESEIMBANGAN DAN KOMUNIKASI PADA ANAK SD DI BANDA ACEH

  • Mardhatillah Mardhatillah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Didi Yudha Pranata Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Deny Setiawan Universitas Negeri Medan
Keywords: Traditional Games, Englolibaba Biscuits, Balance, Communication

Abstract

This research is research on the development of the traditional Englolibaba Biskut game to improve balance skills and communication skills in elementary school-age children. Whatever design is used in this study, namely the Four D Model design (Thiagarajan, et al, 1974: 5), which consists of four (4) core stages including (1) Define or definition stage, (2) Design or planning stage, (3) Development or development stage and (4) Disseminate or deployment stage. The results of the research in the progress stage of the first year of research in 2019, namely (1) at the define or definition stage, the results obtained were needs analysis, student analysis, task analysis, concept analysis and problem analysis at SD Teuku Nyak Arif Banda Aceh, SD Negeri 3 Banda Aceh and SD Negeri 16 Banda Aceh, who needed a solution to improve the Balance Skills and Communication Skills of students in grade IV, (2) at the design or design stage a traditional game was obtained which consisted of four (4) games namely englek, jump rope and clog shells which are combined into one unit of circuit-based activities. This game is named Englolibaba Biscuits. The results of the validation of the traditional Englolibaba Biscuit game were 3.75 with very good criteria, (3) The traditional Englolibaba Biscuit game was very effectively used to improve balance skills and communication skills in elementary school-age children, this is based on the results of the tests that have been carried out, namely the Skills test. Children's Balance and Communication Skills improve.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan permainan tradisional Englolibaba Biskut untuk meningkatkan Keterampilan Keseimbangan dan Keterampilan Komunikasi pada anak usia sekolah dasar. Apapun desain yang dipakai dalam penelitian ini yaitu desain Four D Model (Thiagarajan,dkk, 1974:5) yaitu terdiri dari empat (4) tahapan inti diantaranya (1) Define atau tahap pendefenisian, (2) Design atau tahap perencanaan, (3) Development atau tahap pengembangan dan (4) Disseminate atau tahap penyebaran. Hasil penelitian pada tahap kemajuan tahun pertama penelitian tahun 2019 yaitu (1) pada tahap define atau pendefenisian diperoleh hasil berupa analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep serta analisis permasalahan yang ada di SD Teuku Nyak Arif Banda Aceh, SD Negeri 3 Banda Aceh dan SD Negeri 16 Banda Aceh, yang membutuhkan sebuah solusi untuk meningkatkan Keterampilan Keseimbangan dan Keterampilan Komunikasi siswa pada kelas IV, (2) pada tahap design atau perancangan diperoleh sebuah permainan tradisional yang terdiri dari empat (4) permainan yaitu englek, lompat tali dan bakiak batok yang digabungkan menjadi satu kesatuan kegiatan berbasis sirkuit. Permainan ini diberinama Englolibaba Biskuit. Adapun hasil validasi permainan tradisional Englolibaba Biskuit adalah sebesar 3,75 dengan kreteria sangat baik, (3) Permainan tradisonal Englolibaba Biskuit sangat efektif digunakan untukn meningkatkan Keterampilan Keseimbangan dan Keterampilan Komunikasi anak usia sekolah dasar, hal ini berdasarkan hasil tes yang sudah dilakukan yaitu tes Keterampilan Keseimbangan dan Keterampilan Komunikasi anak meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achroni, Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Javalitera

Alawiyah, Ratu Tuti. 2014. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Banten. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 8, Edisi 1, April 2014

Andrian, Indra Lutfi & Ehan. 2017. Egrang Batok Untuk Melatih Keterampilan Motorik Kasar Siswa Tunanetra. Jassi_anakku, Volume 18 Nomor 2, Desember 2017

Anas Sudijono. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Elly, M Setiadi. 2006. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Malang: Prenada Media Group

Fuad, Zaki Al dan Helminsyah. 2017. The Impact of Online Games on Social and Cognitive Development on Elementary School Students. Proceedings of the 1st International Conference on Innovative Pedagogy, ISBN 978-602-08985-3-7

Hidayat, Dasrun. 2013. Permainan Tradisional dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat. Jurnal Academica Fisip Untad, Volume 05, No.2 Oktober 2013

Indarti. 2008. Antropometri untuk Kedokteran, Keperawatan, Gizi dan Olahraga. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama

Istiqomah,Nurul, dkk. 2016. Peningkatan perkembangan Sosial dan Emosional Melalui Kegiatan Outbound pada Anak Kelompok B di TK Asy-Syafa’ah Jember. Jurnal Edukasi UNEJ. Volume III No.2. 19-21

Ja’far, Aljuk, dkk. 2014. Penciptaan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal. Jurnal Art Nouveau. Volume.3 No.1

Nur, Haerani. 2011. Peran Permainan Anak Tradisional Dalam Mensimulusi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dediksi Volume XIII Nomor 2 ISSN: 0215-0891

Padil, Moh dan Supriyatno, Triyono. 2010. Sosiologi Pendidikan. Malang: UIN Maliki Press

Paradisa, Tria. 2017. Permainan Tradisional Lompat Tali Merdeka Sebagai Media Pelaksanaan Proses Game Stage Di SD Negeri 94 Pekan Baru. JOM FISIP Vol.4(2)- Oktober 2017

Pebryawan, Krisna. 2015. Engklek Sebagai sarana Pembelajaran yang Asik Di Tengah Permainan Modern. Magistra, No. 92 Th. XXVII Juni 2015. ISSN 0215-9511

Perdani, Putri Admi. 2014. Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 8, Edisi I. April 2014

Pitaloka, Ardanarewi A. 2013. Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar. Solo: Universitas Sebelas Maret

Saifuddin Azwar. 2010. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT.Refika Aditama

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2010. Statistik untuk Penelitian.. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Aspeknya.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Thiagarajan, S. dkk. 1974. Instructional development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcbook. Minnesota: National Center for Improvement of Educational System

Yufitsa, ahmad dan Efensi. 2016. Implementasi Permainan Tradisional Aceh Di PAUD IT Al-Fatih Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1):68-75 Agustus 2016

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Article Metrics
Abstract views: 342
pdf downloads: 297
Published
2022-12-21
How to Cite
Mardhatillah, M., Pranata, D. Y., & Setiawan, D. (2022). PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGLOLIBABA BISKUIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KESEIMBANGAN DAN KOMUNIKASI PADA ANAK SD DI BANDA ACEH. Visipena, 13(1), 14-28. https://doi.org/10.46244/visipena.v13i1.1787
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)