BELAJAR KOOPERATIF MODEL PENYELIDIKAN KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mencari bentuk belajar kooperatif model penyelidikan kelompok dalam pembelajaran membaca pemahaman yang dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada tahap pra baca, saat baca, dan pasca baca. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Sumber data dalam penelitian ini adalah satu kelas, yakni siswa kelas V SDN Karang Besuki 1 Malang. Subjek penelitian di fokuskan pada satu kelompok 4 siswa yang heterogen dari segi kemampuan, jenis kelamin, dan status sosial. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2003. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar kooperatif model penyelidikan kelompok dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Model penyelidikan kelompok yang dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa terbagi dalam tiga kegiatan, yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelaksanaan terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pra baca, saat baca dan pasca baca
Downloads
References
Eanes, R.. 1997. Content Area Literacy for Today and Tomorrow. Albany: Delmar Publisher.
Eggen, P.D & Kauchak, P.P.. 1996. Strategies for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn & Bacon.
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono.. 2000 Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Ibrahim, M & Nur, M.. 2000. Pengajaran Berdasarkan Pemecahan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Johnson, D.W. & Johnson, R.T.. 1994. Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning, fourth edition. Massachusets: Allyn & Bacon.
Kardi, S dan Nur, M.. 2000. Pengantar pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya: Unesa University Press.
Miles, M.B. dan Huberman, A.M.. 1992. Analisis Data Kualititaif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohend Rohidi. Jakarta: UI Press.
Ratumanan, T.G.. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Ridhani, A. 2000. Pengefektifan Pembelajaran Membaca Interpretatif Melalui Implementasi Pendekatan Cooperative Learning Di Kelas V SDN Lowokwaru VI Malang. Malang: IKIP Malang
Rivers, M.W..(Ed). 1987. Interactive Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Rofi’uddin, A. dan Zuhdi, D.. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: UM Press.
Slavin, R.E.. 1995. Cooperative Learning, second edition. Massachusets, Boston: Allyn & Bacon.
Syafi’ie, I.1993. Terampil Berbahasa Indonesia I, Jakarta: Depdiknas
Syafi’ie, I.1996a. Pembelajaran Bahasa Berdasarkan Whole Language. Malang: IKIP Malang.
Utomo, P. 1998. Strategi Belajar Secara Kooperatif dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Bacaan Ilmu Pengetahuan di Kelas VI Sekolah Dasar. Malang: IKIP Malang.
PDF downloads: 195