PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MEMETAKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MENGGALA

  • Dara Arka Fidela Universitas Lampung
  • Undang Rosidin Universitas Lampung
  • Anggreini Anggreini Universitas Lampung
Keywords: Instrumen penilaian, sikap ilmiah, minat belajar, pembelajaran fisika

Abstract

Kegunaan utamaipenilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secaraiindividual. Tetapi menumbuhkan sikap ilmiah siswa sebagai salah satu tujuan dari pembelajaranimasih kurang mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuaniuntuk mengembangkan instrumenipenilaian sikap ilmiah pada pembelajaran fisika untuk memetakan minat belajar siswa yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitianipengembangan dengan menggunakan 7 langkah, yakni: penelitianidanipengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, ujiicoba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan revisi produk operasional. Berdasarkan hasil validasi ahli, instrumen yangddikembangkan diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80% denganikategoriisangat tinggi sehingga, instrumen penilaian ini layak untuk digunakan. Instrumen penilaian iniidiujicobakan kepada 100 siswa dan selanjutnyaidianalisis denganiexploratory factor analysis berbantuan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 57 butir pernyataan instrumen sikap ilmiah untuk memetakan minat belajar siswa yangidinyatakan valid. Butir pernyataan pada instrumenipenilaian sikap ilmiah untuk memetakan minat belajar siswa dinyatakan reliabel dengan nilai Alpha Cronbachisebesar 0,952 pada instrumen sikap ilmiah, dan 0,927 pada instrumen minat belajar siswa dengan kategori sangat reliabel. Uji kepraktisan instrumenipenilaian ini memperoleh rata-rata skor sebesar 90,52% denganikriteria sangatipraktis.

Abstract
The main use of attitude assessment as part of learning is a reflection of the understanding and progress of individual learner attitudes. However, cultivating students' scientific attitude as one of the goals of learning still receivesiless attention. This study aims toddeveloppscientific attitudedassessment instruments in physics learning to map student learning interests that are valid, reliable, and practical to use. This type of research is research-development using 7 steps, namely: research and dataicollection, planning, initialiproduct development, initial field trials, revision of trial results, field trials, and revision of operational products. Based on the results of expert validation, the instrument developed obtained an average percentageuvalue of 80% with a very highicategory so that this assessment instrument is feasible to use. Thisbassessment instrument was tested on 100 students and then analyzed using exploratory factor analysis with the help of the SPSS 21 for windows program. Based on the results of the trial data analysis, it was obtained as many as 57 scientific attitude instrument statements to map students' learning interests which were declared valid. The statement items on the instrument for assessing scientific attitudes to map students' interest in learning were declared reliable with a Cronbach's Alpha value of 0.952 in the scientific attitude instrument, and 0.927 in the instrument of student lear bning interest in the very reliable category. The practicality test of this assessment instrument obtained an average score of 90.52% with very practical criteria. Based on the results obtained, to increase students' interest in learning, it can be suggested to cultivate the scientific attitude of these students. With the growth of a good scientific attitude, the students' interest in learning will also be higher

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, N. F., dan Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astalini., Kurniawan, dan Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3 (2), 59-60.

Aththibby, A. R., dan Salim, M. B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi. JPF UMM, 3(2), 26.

Borg, W. R. and M. D. Gall. (2003). Educational Research: an Introduction (7. ed). New York: Logman Inc..

Darmawangsa, R., Astalini, dan Kurniawan, D.A. (2018). Pengembangan instrumen sikap siswa sekolah menengah atas terhadap mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. 6(1) : 107-114.

Haryaka, U., dan Haslidia. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 737-747.

Herayanti, L., dan Habibi. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61.

Hidayat, S.R., Setyadin,A.H., Hermawan, Kaniawati,I., Suhendi,E., Siahaan,P., dan Samsudin,A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan 64 Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 3(2) : 157-166

Iskandarwassid, dan Sunendar, D. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbudristek. (2022). Permendikbudristek Nomor 21 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbudristek.

Khotimah, K., Susilaningsih, E., dan Nurhayati, S. (2018). Development of Performance Assessment Instrument Based Contextual Learning for Measuring Students Laboratory Skills. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 349(1), 1–8.

Komariyah, S., Afifah, D.S. N., dan Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal LP3M. 4(1) : 1-8

Kotimah, E.K., Rosidin, U. dan Wahyudi, I. (2015). Pengembangan instrumen assessment sikap ilmiah dan keterampilan proses ilmiah dengan scientific approach. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3(3) : 25-37

Kurniawan, Astalini, Darmaji dan Melsayanti, R. (2019). Students’ Attitude Toward Natural Science. International Journal of Education and Research in Education (IJERE). 8(3):455-460.

Kurniawan, Astalini., dan Sari, DK. (2019). Analisis Evaluasi Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23 (1), 27.

Noviana, A., Abdurrahman, Rosidin, U., & Herlina, K. (2019). Development and Validation of Collaboration and Communication Skills Assessment Instruments Based on Project-Based Learning. Journal of Gifted Education and Creativity, 6(2), 133–146.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ipa siswa kelas V sekolah dasar di kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1) : 11-23.

Rosidin, U. (2017). Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi,

Sari, P. N. (2019). Desain Instrumen Peer Assessment untuk Penilaian Kinerja Siswa Sekolah Menengah Atas. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sukada, I.K., Sadia, W., dan Yudana, M. (2013). Kontribusi minat belajar, motivasi berprestasi dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 : 1-11.

Sukarni, W., Jannah, N., Qoriyana, D., dan Zain, M.S. (2020). Scientific Attitude Identification and Interest of Pursuing Career The Physics. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 9(1) :66-77.

Sumintono, B., dan Widhiarso W. (2015). Aplikasi Model Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim komunikata

Suranto, M dan Mardapi, D. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Administrasi Perkantoran. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. 18(1).

Suryawati, E., dan Osman,K. (2018). Contextual Learning: Innovative Approach Towards The Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 14(1) : 61-76.

Susanti, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Biologi Kelas XI SMA Negeri 3 Sungguminasa. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Tursinawati. (2017). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Pada Rubrik Penilaian Sikap Subtema Macam-Macam Energi di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educhild Pendidikan dan Sosial. 6(1) : 1-8.

Utomo, A.B., Hasyim, A., dan Rosidin, U. (2013). Pengaruh minat siswa, kreativitas, dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar fisika kelas VII sekolah menengah pertama negeri 2 bandar lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (TIKOPENDIK). 1(1) :1-14.

Wijeyanti, E., & Mundilarto. (2015). Pengembangan Instrumen Asesmen Diri dan Teman Sejawat Kompetensi Bidang Studi pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 19(2) : 129-144.

Wildan. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2).

Zuhera, Y., Habibah, S., dan Mislinawati. (2017). Kendala guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1) : 72-87.
Article Metrics
Abstract views: 377
PDF downloads: 293
Published
2023-08-23
How to Cite
Dara Arka Fidela, Rosidin, U., & Anggreini, A. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MEMETAKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MENGGALA. Visipena, 14(1), 53-67. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2107
Section
Articles