PENGEMBANGAN WEB GOOGLE SITES PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

  • Erika Ananda Lestari UNIVERSITAS JEMBER
  • Pramudya Dwi Aristya Putra Universitas Jember
  • Diah Wahyuni Universitas Jember
Keywords: WEB, googlesites, pembelajaran, keterampilan, argumetationskill

Abstract

This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of Google Sites Web development on heat and displacement materials to improve junior high school students' argumentation skills. The data analysis technique used in this research has 3 tests. namely validity test, practicality test, and effectiveness test. The results of the validity test for Google Sites Web development with a validity percentage of 84% and were included the very valid category. The results of the practicality test reached an average of 93% overall and were included in the very high category. The results of the effectiveness test obtained an average N-gain score of 0.70 in the high category. Overall, the results of the research in the form of Web Google Sites conclude that they are feasible and valid to use as teaching materials in science learning to improve students' argumentation skills and suggestions can be given for future researchers to be used as guidelines in developing better and more perfect Google Web sites.

Abstrak
Penelitian yang telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan pada produk yang dikembangkan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan Web Google Sites pada materi kalor dan perpindahannya  untuk meningkatan keterampilan berargumentasi siswa SMP. Teknik analisis data dalam pengembangan produk Web Google Sites dilakukan dalam 3 uji yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji efektivitas. Hasil uji validitas pengembangan Web Google Sites dengan presentase validitas 84% masuk kedalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan mencapai rata-rata 93% secara keseluruhan dan masuk kedalam kategori sangat tinggi Hasil uji efektivitas memperoleh nilai skor rata-rata N-gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Secara keseluruhan, hasil penelitian yang berupa Web Google Sites dapat disimpulkan layak dan valid digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran  IPA untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Y.P. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation Dengan Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1(2): 83-90.

Awalsyah, A, Sarwi, dan Sutikno. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker untuk Mengembangkan Keterampilan Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal. 7(3) : 29-35.

Aziz, A. 2019. Materi Dasar Pendidikan Islam. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Guterres, I.K.N.P., Sudarti., Maryani, P. D. A, Putra. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gejala Pemanasan Global Untuk Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(1): 54-61.

Kim, S., M. Raza., and E. Seidman. 2019. Improving 21 st-century teaching skills: The key to effective 21 st-century learners. Reasearch in Comparative & International Education. 14(1): 99-117.

OECD. 2018. PISA 2015. PISA Result in Focus. Paris: PISA-OECD Publishing.

Plomp, T., Fauzan, A., & Gravemeijer, K. 2013. The development of an rme-based geometry course for Indonesian primary schools. In T. Plomp, & N. Nieveen (Eds.), Educational design research – Part B: Illustrative cases (pp. 159-178). Enschede, the Netherlands: SLO.

Puspitasari, E., Putra, P. D. A., & Handayani, R. D. 2021. Pengembangan buku ajar fisika berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Matematika. 2(1): 44-52.

Putra, D. A. P, & Kumano, Y. 2018. Stem conceptualization an self-efficacy among pre-service teacher in japan. https://www.jstage.jst.go.jp/article/jssep/42/0/42_439/_pdf.

Putra, D. A. P., Ahmad, N., Wahyuni, S, & Nurlita, E. 2021. An analysis of the influencing of pre-service science teacher in conceptualization of STEM education: self-efficacy and content knowlwdgw. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 2(1): 44-52.

Rahayu, Y., Suhendar dan J. Ratnasari. 2020. Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(3) : 312-318.

Rahayu, Y., Suhendar dan J. Ratnasari. 2020. Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(3) : 312-318.
Robertshaw, B. & Campbell., T. (2013). Constructing Arguments: Investigating Preservice Science Teachers’ Argumentation. Skills in a Socio-scientific Context. Science Education International, 24(2), 195–211.

Supeno, S. Bektiarso, dan A. Munawarroh. 2018. Pengembangan pocketbook berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Semınar Nasıonal Fısıka (SNF). 26-83.

Syahiddah, D.S., P.D.A. Putra dan B. Supriadi. 2021. Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. 2(1): 1-8.

Syahiddah, D.S., P.D.A. Putra dan B. Supriadi. 2021. Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. 2(1): 1-8.
Article Metrics
Abstract views: 164
PDF downloads: 180
Published
2023-08-14
How to Cite
Lestari, E. A., Aristya Putra, P. D., & Wahyuni, D. (2023). PENGEMBANGAN WEB GOOGLE SITES PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA . Visipena, 14(1), 40-52. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2120
Section
Articles