INTEGRASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BIOTEKNIK DI SMA NEGERI 1 INDRAPURI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA negeri 1 Indrapuri. Metode yang digunakan adalah ekperimen dengan sampel 58 siswa terdiri dari 28 siswa kelas XII-IPA 1 dan 30 siswa kelas XII-IPA 2. Parameter penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan N-Gain dan perbedaan peningkatan hasil belajar dengan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis N-Gain diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas dengan kategori tinggi 85,7%, sedang 14,3% di kelas eksperimen dengan integrasi CTL dengan kewirausahaan, sedangkan di kelas kontrol dengan CTL 66,7% tinggi, 20% sedang, dan 13,3% rendah. Hasil uji t diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar belajar siswa pada kedua kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah integrasi CTL dengan kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA negeri 1 Indrapuri.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rieneka Cipta.
Bustami. (2009). Pengaruh Pengebangan Profesionalisme Guru SMP Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Aceh Timur. Tesis: Universitas Sumatera Utara.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Konstekstual Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Rafika Aditama.
Marlina, Pipin T.P., & Suciati. (2011). Model Contekstual Teaching and Learning (CTL) pada Perkuliahan Dasar Rias (Tata Kecantikan Wajah dan Rambut) untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (1), 13-23.
Nurdin. (2009). Implementasi Pendekatan CTL (Contekstual Teaching and Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(1), 109-122.
Oka, A. A. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA di SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Bioedukasi, 2 (1), 81-91.
Pihie, Z. A. (2009). Enterpreneurship as a Career Choice: An Analysis of Entrepreneurial self Efficiacy and Intention of University Student. European Journal of Social Science, 9 (2), 338-349.
Raduan C. R., Naresh Kumar., & Lim Li Yen. (2006). The Dynamics of Entrepreneurs Succes Factors in Influencing Venture Growth. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability, 2(2).
Rae, D. (2005). Entrepreneurial Learning: a Narrative-Based Conceptual Model. Journal of Small Business and Enterprise Development,12(3), 323-335.
Setiawan, I.G.A.N. (2008). Penerapan Pengajaran Konstektual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2(1), 42-59.
Sholeh, M. (2010). Implementasi Contekstual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Pengindraan Jauh. Jurnal Geografi, 7(2), 127-135.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suryawati, E., Kamisah O., & T. Subahan M. M. (2010). The Effectiveness of Rangka Contextual Teaching and Learning on Students’ Problem Solving Skills and Scientific Attitude. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences 1(9), 1717-1721.
Wiersma, W., and S. G Jurs. 1990. Educational Measurement and Testing Second edition. Toronto ; The University of Toledo Allyn and Bacon Boston.
Winarno, A. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Internalisasi Nilai – Nilai Kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang, Jurnal Ekonomi Bisnis,14(2), 124-131.
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
PDF downloads: 142