PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERPIKIR BERPASANGAN BEREMPAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENGUASAI EJAAN PADA MKU BAHASA INDONESIA

  • Syahriandi Fakultas Pertanian Malikussaleh
Keywords: Model Kooperatif Teknik Berpikir Berpasangan Berempat, Ejaan, MKU Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif teknik berpikir berpasangan berempat dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa terhadap materi ejaan. Metode kegiatan dirancang berupa perencanaan awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah adalah mahasiswa Fakultas Pertanian Malikussaleh yang dipilih secara random dari enam kelas. Masing-masing kelas diambil lima kelompok. Masing-masing pasangan terdiri atas empat mahasiswa. Jadi, jumlah kelompok yang diambil sebanyak 30 kelompok. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah di atas 85% kelompok memperoleh nilai keseluruhan ≥ 75. Hasil penelitian terlihat bahwa model kooperatif teknik berpikir berpasangan berempat dapat meningkatkan kualitas hasil belajar dan membuat suasana belajar menjadi terarah. Hal tersebut terlihat dari nilai keseluruh yang selalu meningkat, yaitu dari 3 kelompok yang mendapat nilai ≥ 75 (10%), lalu menjadi 10 kelompok (33,33%), kemudian menjadi 26 kelompok (86,67%). Keberhasilan juga terlihat dari jumlah mahasiswa yang aktif, yaitu persentase keseluruhan juga meningkat menjadi 79,88% pada siklus II dari 51,43% pada siklus I. Jadi, pada siklus II ini keaktifan mahasiswa sudah ≥ 75% sehingga pada siklus II ini telah dikategorikan sudah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1992. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jakarta: DIKTI

Djamarah, Sy. B. Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gulo,W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Joyce, Bruce dan Marsha Weil. 1992. Models of Teaching. Massachussetts: Allyn and Bacon.

Karlina, Ina. 2010. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa. Internet. http://www.sd-binatalenta.com. Diakses tanggal 10 Mei 2013.

Keraf, Gorys. 1984. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Indah.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lie, Anita. 2003. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah tehnik Pendidikan Berbasis Kompetensi. Jogjakarta: Ar-ruzz.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motiavasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Grafido Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Semi, Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sutikno, Sobry, M. 2006. Pendidikan Sekarang dan Masa Depan. Mataram: NTP Press.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Nomor 12, Tahun 2012, Tentang Perguruan Tinggi.

Article Metrics
Abstract views: 95
PDF downloads: 292
Published
2013-12-30
How to Cite
Syahriandi. (2013). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERPIKIR BERPASANGAN BEREMPAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENGUASAI EJAAN PADA MKU BAHASA INDONESIA. Visipena, 4(2), 84-100. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.214
Section
Articles