EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM TERAPI BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA

  • Fitra Marsela Universitas Syiah Kuala
  • Nurul Wahdani Universitas Syiah Kuala
  • Nurhasanah Universitas Syiah Kuala
  • Syaiful Bahri Universitas Syiah Kuala
  • Dara Rosita Universitas Syiah Kuala
Keywords: Kepercayaan Diri, Permainan Monopoli, Terapi Bermain

Abstract

Kepercayaan diri adalah suatu perasaan yakin terhadap kemampuan diri sendiri untuk dapat meraih kesuksesan. Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting dan merupakan atribut yang sangat berharga bagi seseorang dalam kehidupannya, tanpa adanya kepercayaan diri akan menimbulkan banyak masalah seperti terhambatnya proses belajar dan menurunya hasil prestasi belajar sehingga kepercayaan diri merupakan sesuatu hal yang harus dimiliki setiap individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat uji validitas kelayakan media dan untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri peserta didik sebelum dan sesudah diberikan media permainan monopoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan skala kepercayaan diri dan lembar validasi ahli materi dan media untuk mengetahui validitas kelayakan media. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif persentase dan uji Wilcoxon. Hasil analisis yang diperoleh berdasarkan pelaksanaan media permainan monopoli dalam terapi bermain untuk meningkatkan kepercayaan diri yaitu telah valid dan dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 14 Banda Aceh. Sedangkan hasil analisis yang diperoleh berdasarkan pelaksanaan uji coba media yaitu terdapat 87,51% peserta didik berada pada kategori sedang dan terdapat 12,5% peserta didik berada pada kategori tinggi. Hal itu menyatakan adanya perubahan kepercayaan diri peserta didik sebelum diberikan media dan sesudah di berikan media yaitu terbukti dengan berkurangnya siswa dalam kategori rendah.

Abstract
The background of the research is the importance of self-confidence. Self-confidence is a feeling of confidence in one's own ability to achieve success. Self-confidence is one of the important aspects of personality and is a very valuable attribute for a person in his life, without self-confidence it will cause many problems such as hindering the learning process and decreasing learning achievement results so that self-confidence is something that every individual must have. The purpose of this study was to determine the level of validity test of media feasibility and to determine the description of students' self-confidence before and after being given monopoly game media. This study used a quantitative approach with a quasi-experimental method and data collection techniques were carried out by distributing self-confidence scales and material and media expert validation sheets to determine the validity of media feasibility. The data analysis technique used is descriptive percentage data analysis technique and Wilcoxon test. The results of the analysis obtained based on the implementation of monopoly game media in play therapy to increase self-confidence are valid and can be implemented to increase student self-confidence at SMP Negeri 14 Banda Aceh. While the results of the analysis obtained based on the implementation of media trials, namely there are 87.51% of students in the medium category and there are 12.5% of students in the high category. This states that there is a change in students' self-confidence before being given the media and after being given the media, which is evidenced by the reduction of students in the low category.
Effective use of monopoly game media in play therapy to increase self-confidence in students. This research suggestion for guidance and counselling,teachers can be applied when providing guidance and counselling services and for further researchers to further explore the use of monopoly game media in guidance and counselling services.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyu. (2018). Kepercayaan Diri Remaja Perempuan Indonesia Masih Rendah. ApaSolusinya?.https://m.liputan6.com/health/read/3468992/kepercayaan-diri-remaja perempuan-indonesia-masih-rendah-apa-solusinya, diakses pada 14 Juni 2022 pukul 20.30.

Corey,Gerald. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Masfurah, Rizka dkk. (2018). Pengembangan Media Dagdusi Dancer (Dadu Gambar Dua Dimensi Dan cermin) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Suloh Jurusan Bimbingan dan Konseling USK. Vol 3 No. 2.

Nisa’.K. (2011). Hubungan tingkat kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswakelas XI IPA di SMA Mazra’ Atul Ulum Paciran. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rahadi, Fernan. (2022). Survei: Hampir 50 Persen Wanita Asia Kurang Percaya Diri. https://repjogja.republika.co.id/berita/r8dji6291/survei-hampir-50-persen-wanita-asia-kurang-percaya-diri, diakses pada 14 Juni 2022 pukul 20.30.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Thalib, Azmi, Septiani. (2021). Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling Permainan Monopoli Truth And Dare Untuk Meningkatkan Self Confidence Pada Peserta Didik. Jurnal Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application and Development. Vol 1 No.1.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract views: 389
PDF downloads: 482
Published
2023-08-01
How to Cite
Marsela, F., Wahdani, N., Nurhasanah, Bahri, S., & Rosita, D. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM TERAPI BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA. Visipena, 14(1), 1-13. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2155
Section
Articles