PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUKAN WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRIGONOMETRI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA
Abstract
Langkah dosen dalam menetapkan metode yang tepat untuk menyampaikan materi perkuliahan di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan belajar mahasiswa. Proses perkuliahan Trigonometri di STKIP Bina Bangsa Getsempena belum memperoleh hasil yang memuaskan, dengan nilai rata- rata untuk tahun perkuliahan 2011/2012 hanya mencapai 63. Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dikolaborasikan dengan penggunaan Worksheet (Lembar Kerja). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Trigonometri pada tahun akademik 2012/2013 yang berjumlah 18 mahasiswa yang terdiri dari 12 mahasiswi dan 6 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes formatif, lembar observasi mahasiswa dan aktivitas diskusi kelompok serta angket refleksi terhadap pembelajaran. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa , yaitu apabila sekurang-kurangnya 75% hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Trigonometri sudah mencapai sekurang- kurangnya 75. Pada siklus I rata-rata kelasnya mencapai 67.31, mahasiswa yang memiliki nilai > 75 sebanyak 11 orang (62,5%) dan yang < 75 sebanyak 7 mahasiswa (37,5%) dengan nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 45. Pada siklus I untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk prosentase ketercapaian nilai > 75 masih dibawah 75%. Pada siklus II rata-rata kelasnya mencapai 75, mahasiswa yang memiliki nilai > 75 sebanyak 15 orang (84.62%) dan yang memiliki nilai < 75 adalah 3 orang (15.38%) dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 53. Pada siklus II hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Trigonometri. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan agar dosen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan Worksheet untuk meningkatkan hasil belajar Trigonometri mahasiswa .
Downloads
References
Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Anni, Tri Chatarina. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Baedowi. 2007. Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: DPN Staf Ahli Mendiknas Bidang PKMP.
Bahri dan Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyanti dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hidayah, Isti. 2006. Hand Out Work Shop Pendidikan Matematika 2. Semarang: UNNES.
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa_University Press.
Kanginan, Marthen. 2004. Matematika untuk SMA Kelas 1 Semester 2. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivitis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Noormandiri. 2004. Buku Pembelajaran Matematika SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Riyanto, Yatim. 1996. Metode Penelitian Tindakan. Surabaya:SIC Surabaya.
Slavin, RE. 1995. Cooperative learning Second Edition. Massachusett: Allyn and Bacon Publisher.
Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakata: PT Raja Grafindo Persada.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: UNNES
PDF downloads: 127