PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIMBINGAN DAN KONSELING AUD SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK

  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Liza Fidiawati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helnita Helnita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Afdal Afdal Universitas Negeri Padang
Keywords: Bimbingan dan Konseling, Pencegahan Pelecehan dan kekerasan Seksual, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari tingginya kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang begitu mengkhawatirkan di Provinsi Aceh saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan Buku Ajar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual Terhadap Anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development yang mengikuti langkah-langkah pengembangan model Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah dua ahli yang memvalidasi standarisasi buku ajar yang meliputi: kelayakan isi, kelayakan Bahasa, dan kelayakan penyajian. Selanjutnya uji keterpaiakan dilakukan oleh tiga orang Dosen dan dua puluh orang Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa hasil validasi kelayakan isi memiliki nilai rata-rata sebesar 3,63 menunjukkan buku ajar sangat layak untuk digunakan. Kelayakan Bahasa memiliki nilai rata-rata sebesar 3,67 menunjukkan bahan ajar sangat layak digunakan, dan kelayakan penyajian memiliki nilai rata-rata sebesar 3,74  menunjukkan bahan ajar sangat layak digunakan. Dari hasil validasi standarisasi pengembangan buku ajar menunjukan hasil sangat layak dan dinyatakan valid sehingga sangat layak untuk digunakan dalam penelitian, dan berdasarkan hasil analisa data penelitian yang meliputi tanggapan dan penilaian yang diperoleh dari dua puluh tiga responden yang terdiri dari tiga orang Dosen  Pengampu Mata Kuliah Bimbingan Konseling Anak Usia Dini dan dua puluh orang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap kualitas buku ajar yang dikembangkan diperoleh rata-rata 3,49. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa Pengembangan Buku Ajar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini sebagai upaya pencegahan pelecehan seksual terhadap anak yang telah disusun secara sistematis telah mencapai taraf keefektifan.


Abstract
This research is based on the high number of cases of sexual violence and harassment which are currently worrying in Aceh Province. This research aims to develop an Early Childhood Guidance and Counseling Textbook as an Effort to Prevent Sexual Abuse of Children. This type of research is development research or Research and Development which follows the steps of developing the Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation model. The subjects in this research were two experts who validated the standardization of textbooks which included: appropriateness of content, appropriateness of language, and appropriateness of presentation. Next, the suitability test was carried out by three lecturers and twenty students. Based on the results of research that has been carried out, it shows that the validation results for the suitability of the content have an average value of 3.63, indicating that the textbook is very suitable for use. Language suitability has an average value of 3.67, indicating that teaching materials are very suitable for use, and presentation feasibility has an average value of 3.74, indicating that teaching materials are very suitable for use. From the validation results of the standardization of textbook development, it shows that the results are very feasible and declared valid so that they are very suitable for use in research, and based on the results of research data analysis which includes responses and assessments obtained from twenty-three respondents consisting of three Lecturers in Guidance Courses. Early Childhood Counseling and twenty students from the Early Childhood Education Teacher Education Study Program on the quality of the textbooks developed obtained an average of 3.49. The results of this research can be concluded that the development of Early Childhood Guidance and Counseling Textbooks as an effort to prevent sexual abuse of children which has been prepared systematically has reached a level of effectiveness.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, T. R., & Fatmawati, E. (2017). Pengaruh Program Bimbingan dan Konseling terhadap Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 3(1), 15-24.

Billah, A. Z. M., & Erfantinni, I. H. (2021). Peran BK dalam Memberikan Pemahaman Pendidikan Seks kepada Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 2(4), 110-115. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i4.1015

Dinas Pemberdayaan Perempaun Dan Perlindungan Anak “P2TP2A Rumoh Putroe Aceh”. (2019). Tabel Bentuk-Bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi Aceh Tahun 2014 SD 2019.

Erwinda, L., Nirwana, H., & Afdal, A. (2020). Analysis of sexual harassment instruments by Rasch Modeling to identify sexual harassers. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 5(1), 1-5. https://doi.org/10.23916/0020190417540

Fushshilat, S. R., & Apsari NC. Sistem Sosial Patriarki Sebagai Akar Dari Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Patriarchal Social System As the Root of Sexual Violence Against Women. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 121.

Hayati, F. (2017, August). Implementation Of Role Playing Method In Improving Early Childhood Self-Reliance In Banda Aceh. In Proceedings Of The 1st International Conference On Innovative Pedagogy (Icip) 2017. STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Helnita, H., Yus, A., & Dewi, R. (2021). Pengembangan Model Tutorial Audio Visual Berkonten Syariah Islam Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Visipena, 12(2), 185-205. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1610

Hidayati, S., & Putri, L. (2020). Pengembangan Model Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 9(1), 45-54.

Istiqlal, A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, (Online), 3 (2): 139-144.

Khairiah, K., Hayati, F., & Mardhatillah, M. (2021). Implementasi Program Pendidikan Karakter Berbudaya Aceh Dan Islami Di Paud Ik Nurul Quran Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2).

Laranjeira da Silva, C., Macedo, J., Avila, S., & dos Santos, J. (2022, June). Seeing without looking: Analysis pipeline for child sexual abuse datasets. In Proceedings of the 2022 ACM Conference on Fairness, Accountability, and Transparency (pp. 2189-2205). https://doi.org/10.1145/3531146.3534636

Liza. F., Oktariana, R., & Fitriani, F. (2023). Analisis Bimbingan Guru Dalam Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri 5 Kota Banda Aceh. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 73-82.

Luwi, A. (2020). https://aceh.tribunnews.com/2020/09/03/kasus-pelecehan-seksual-di- banda-aceh-meningkat-korban-mayoritas-anak-di-bawah-umur. (Diakses pada tanggal 27 Desember 2021).

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rambe, A. S., Nasution, I., & Hadijaya, Y. (2024). Peran Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru: Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Di Min 1 Kota Medan. Visipena, 15(1), 67-79. https://doi.org/10.46244/visipena.v15i1.2744

Rohmah, D.N., Hariyono dan Sudarmiatin. 2017. Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan, (Online), 2 (5): 719-723

Rudolph, J. I., Walsh, K., Shanley, D. C., & Zimmer-Gembeck, M. J. (2022). Child sexual abuse prevention: parental discussion, protective practices and attitudes. Journal of interpersonal violence, 37(23-24), NP22375-NP22400.

Rahmawati, D., & Dewi, S. (2019). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Anak Usia Dini dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 78-87.

Solehun, Yulianto, B., dan Suhartono. 2017. Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa S1 PGSD. Jurnal Review Pendidikan Dasar, (Online), 3 (1): 329-338. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p329-338

Sukma, S., Hayati, F., & Marlini, C. (2021). Peran Keluarga Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Di PAUD Gaseh Bunda di Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2).

Susanti, E., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas Buku Ajar Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kesadaran Anak Usia Dini terhadap Kekerasan Seksual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Anak, 6(1), 29-38.

Umarella, S., Saimima, M.S., dan Hussein, S. 2018. Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, (Online), 3 (2): 234- 241.

Article Metrics
Abstract views: 109
PDF downloads: 75
Published
2024-06-30
How to Cite
Hayati, F., Fidiawati, L., Helnita, H., & Afdal, A. (2024). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIMBINGAN DAN KONSELING AUD SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK. Visipena, 15(1), 114-127. https://doi.org/10.46244/visipena.v15i1.2324
Section
Articles