DINAMIKA PENGEMBANGAN PROFESI GURU PAI DI ACEH
Abstract
Guru merupakan unsur terpenting dalam pembelajaran, guru mengemban tugas yang berat, tugas pembelajaran yang diemban olehnya haruslah diiringi dengan kemampuan dan idealnya tugas pembelajaran yang diembankan padanya harus berlandasan latar belakang kependidikannya artinya setiap guru yang bertugas memberikan pembelajaran harus berdasarkan profesinya, hal ini agar tidak terjadi ketimpangan, kejanggalan dan hal-hal lain yang dapat menghambat pembelajaran di sekolah. Berkitan dengan pengelolaan pembelajaran PAI, nampaknya saat ini banyak terdapat permasalahan, misalnya pelajaran PAI di ajarkan oleh guru yang bukan dari lulusan PAI, namun diajarkan oleh guru jurusan lain. Pada dasarnya banyak hal yang berkaitan dengan dinamika profesi guru PAI di sekolah. Dari sudut tunjangan misalnya sangat berbeda guru PAI yang diangkat oleh Departemen Agama dan Guru PAI yang diangkat oleh Pemda. Dari sudut potret kerja juga masih nampak banyak kekurangan.
Downloads
References
Achmad Habibullah dkk, Kompetensi Peadagogik Guru, Cet I (Puslitbang Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 2012).
Ramayulis dkk Filsafat Pendidikan Islam, Cet. II (Jakarta: Kalam Mulia, 2010).
Ramayulis Ilmu Pendidikan Islam, Cet VII (Jakarta: Kalam Mulia, 2008).
Serambinews. Com, Tanggal 3 Juli 2013.
Sudarwan Danim Profesional dan Etika Profesi Guru, Cet II (Bandung: Alfabeta, 2010).
Sudarwan Danim Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru, Cet II (Bandung: Alfabeta, 2010).
Syafruddin Nurdin Guru Profesional&Implementasi Kurikulum, Cet III (Jakarta: Quantum Teaching, 2005).
![](/public/icon-graph.png)
![](/public/icon-pdf.png)