PENELITIAN TENTANG PENGGUNAAN LKS DALAM KEGIATAN CBSA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SMPN 1 DARUL KAMAL ACEH BESAR
Abstract
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil belajar kelompok belajar siswa yang belajar dengan menggunakan Lembaran Kerja Siswa (LKS) dengan hasil belajar kelompok siswa yang tidak menggunakan Lembaran Kerja Siswa (LKS). Tidak berbedanya hasil belajar di kedua kelompok menurut pengamatan peneliti disebabkan siswa kurang menjalankan perannya dengan baik terutama dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi proses belajar mengajar yang berlangsung. Tetapi selama proses belajar mengajar berlangsung terlihat keaktifan siswa yang memakai LKS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak memakai LKS.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, (1988). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud, (1988). Perangkat Pembelajaran. Malang: Depdikbud.
Hadiat, (1996). Ilmu Pengetahuan Alam SD (Alam Sekitar Kita 3) Kelas 5. Jakarta: Depdikbud.
Hamalik Oemar, (1990). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru.
Haryanto, Herman, (1989). Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Rostiyah NK, (1989). Pengajaran IPA Modern Untuk Orang Tua, Murid, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.
Semiawan Conny, dkk, (1985). Pendekatan Keterampilan Proses (Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar). Jakarta: PT. Gramedia.
Sudjana, (1986). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana Nana, (1988). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.
S. Nasution, (1982). Media pembelajaran Sebagai Alat Bantu Proses Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Sriyono, dkk, (1991). Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Renika Cipta.
PDF downloads: 163