MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (Suatu Analisis Psikologis Dalam Pembelajaran)

  • Sulaiman Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Pembelajaran Cooperative Learning, Pertimbangan Psikologis, Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik.

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu aktivitas yang bertujuan. Tugas utama guru dalam melayani belajar peserta didik adalah membangkitkan sengat dan mental peserta didik agar terlibat aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dapat dikondisikan oleh guru dengan berbagai pendekatan model belajar. Model pembelajaran cooperative learning meruapakan salah satu model pembelajaran yang tepat gunakan dalam pembelajaran dan memiliki karakteristik tesrsendiri serta berbeda dengan model pembelajaran lain. Melelui model pembelajaran cooperative learning peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan sesama peserta didik melalui tindakan diskusi. Secara psikologis model pembelajaran cooperative learning dapat menstimulasi peserta didik baik dalam berpikir. Keunggulan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik di kelas, model pembelajaran ini menekankan pada keaktifan peserta didik dan membangun aktifitas secara bersama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuddin Nata Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Cet. II. (Jakarta: kencana Prenada media Group, 20011).

Alwiyah Abdurahman. Terj. Quantum Learning; Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Cet. XVII. (Bandung: Penerbit Kaifa, 2003).

Harun Nasution Konsep Manusia Menurut Ajaran Islam. (Jakarta: lembaga penerbitan IAIN Syarifhidayatullah, 1981).

Hery Noer Aly Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II. (Jakarta: Logos, 1999).

Husnizar Konsep Subjek Didik Dalam Pendidikan Islam. Cet. I. (Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2007).

Kunandar Guru Professional Implementasi Ktsp Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Cet. I. (RajaGrafindo Persada, 2008).

M. Nasir Budiman Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qura’an. Cet. I. (Jakarta: Madani Press, 2001).

Muhibbin Syah Psikologi Belajar. Cet. IV. (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005).

Oemar Hamalik Kurikulum Dan Pembelajaran. Cet. X. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010).

Zuhairini dkk Filsafat Pendidikan Islam. Cet. IV. (Jakarta: bumi Aksara, 2008), h 90.

Article Metrics
Abstract views: 717
PDF downloads: 385
Published
2014-12-31
How to Cite
Sulaiman. (2014). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (Suatu Analisis Psikologis Dalam Pembelajaran). Visipena, 5(2), 25-35. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i2.258
Section
Articles