KEMAMPUAN MENYUNTING KARANGAN EKSPOSISI BERDASARKAN EJAAN, PILIHAN KATA DAN KETERPADUAN PARAGRAF MAHASISWA SEMESTER SATU PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

  • Eli Marlina Harahap Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Keywords: Kemampuan, Menyunting Karangan Eksposisi, Ejaan, Pilihan Kata

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu untuk memberikan gambaran dan sekaligus mana kemampuan Mahasiswa dalam menyampaikan kalimat tanya retoris. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif populasi dalam penelitian adalah seluruh Mahasiswa semester I. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan tentang pemahaman mengenai ejaan merupakan kemampuan yang terbaik, yakni 79,33%, kemudian pilihan kata 75,2%, struktur kata dan kalimat 74,93%, dan terakhir keterpaduan paragraf, yaitu 68,67%. Dalam hal kemampuan perorangan dalam setiap aspek kelompok penguasaan kosa kata, Mahasiswa yang memperoleh nilai 95 (95%) ada satu orang. Sedangkan nilai terendah ada 12 Mahasiswa yaitu memperoleh nilai 60 (60%). Secara Umum dapat dikatakan bahwa Nilai rata-rata Mahasiswaadalah 74,53 (74,53%). Dengan demikian kemampuan mengenai Kemampuan menyunting karangan eksposisi berdasarkan ketepatan ejaan, pilihan kata, ketepatan stuktur kata dan keterpaduan paragraf Mahasiswa, berkualifikasi baik karena masih berada di antara rentang kualifikasi 61 – 80%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta, 2005.

Ali Muhammad, Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi, Raja Grafindo, Persada: Jakarta, 1982.

Badudu, JS, Cakrawala Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998.

Gie, The Liang, terampil mengarang, Yogyakarta: Andi, 2000.

Hadi Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta : UGM, 1983

Keraf, Gorys, Komposisi,Ende Flowes, Nusa Indah, 1989.

Sudjana Nana, Teori-teori Belajar untuk Pengajaran, Jakarta: FE-UI, 1992.

Simanjuntak, P, Pembaharuan dalam Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 1990.

Suharsini, Statistik Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2000.

Sunarti, Tata Bahasa Indonesia, Bandung : Pustaka Setia, 2000.

Surachmas Winarno, Pengantar Penelitian ilmiah Dasar Metode Teknik, Bandung: Tarsito, 1985.

Tarigan, H. G, Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung; Angksa, 1986.

Tim Dosen Wawasan pendidikan Dasar, Pendidikan dasar, Jakarta, 2009.

Article Metrics
Abstract views: 964
PDF downloads: 1663
Published
2014-12-31
How to Cite
Eli Marlina Harahap. (2014). KEMAMPUAN MENYUNTING KARANGAN EKSPOSISI BERDASARKAN EJAAN, PILIHAN KATA DAN KETERPADUAN PARAGRAF MAHASISWA SEMESTER SATU PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN. Visipena, 5(2), 36-57. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i2.263
Section
Articles