REVOLUSI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL: “MEMBUKA PELUANG DAN MENANGANI TANTANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA"
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa, dengan fokus pada peluang dan tantangan yang muncul. Penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data dari pendidik dan peserta didik melalui survei, wawancara, dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi seperti aplikasi seluler dan platform online meningkatkan keterlibatan dan literasi digital peserta didik. Namun, penelitian ini juga mengungkap adanya kesenjangan digital yang signifikan, yang disebabkan oleh infrastruktur yang tidak memadai dan kurangnya pelatihan profesional yang berkelanjutan untuk pendidik. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya investasi dalam infrastruktur teknologi dan pengembangan profesional untuk mendukung pengajaran bahasa yang efektif.
Abstract
The objective of this research is to explore the impact of technology integration in language education at Universitas Negeri Padang, focusing on the emerging opportunities and challenges. This study combines qualitative and quantitative methods to collect data from educators and learners through surveys, interviews, and group discussions. The results indicate that the use of technologies such as mobile apps and online platforms enhances student engagement and digital literacy. However, the study also reveals significant digital divides, caused by inadequate infrastructure and a lack of ongoing professional training for educators. The conclusion of this research emphasizes the importance of investing in technology infrastructure and professional development to support effective language teaching.
Downloads
References
Adyanti, A. M., Fitria, A. R., & Rachman, I. F. (2024). Pengembangan Kurikulum Berorientasi Literasi Digital; Upaya Menuju Masa Depan Berkelanjutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 385–393.
Amelia Putri W, S, A. A., Cahyani, K., & Herlambang, Y. T. (2024). Peran Filsafat Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Teknologi Pendidikan di Era Disrupsi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 34–49. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/699
Bonfield, C. A., Salter, M., Longmuir, A., Benson, M., & Adachi, C. (2020). Transformation or evolution?: Education 4.0, teaching and learning in the digital age. Higher Education Pedagogies, 5(1), 223–246. https://doi.org/10.1080/23752696.2020.1816847
Bygstad, B., Øvrelid, E., Ludvigsen, S., & Dæhlen, M. (2022). From dual digitalization to digital learning space: Exploring the digital transformation of higher education. Computers & Education, 182, 104463. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104463
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.
Dehghanzadeh, H., & Dehghanzadeh, H. (2020). Investigating effects of digital gamification-based language learning: a systematic review* Hossein Dehghanzadeh** Hojjat Dehghanzadeh*** (Corresponding Author). Journal of English Language, 12(25), 54–93.
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hambali, U. N., Natsir, R. Y., & Nasir, N. (2023). Tinjauan Literatur tentang Integrasi Teknologi dalam Proses Pembelajaran Keterampilan Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis Id, 3(2), 128–141. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.346
Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.55903/jitu.v1i1.76
Huđek, I., Tominc, P., & Širec, K. (2021). The Impact of Social and Cultural Norms, Government Programs and Digitalization as Entrepreneurial Environment Factors on Job and Career Satisfaction of Freelancers. In Sustainability (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/10.3390/su13020779
Jayanti, R., Sholikah, A., Hanum, N. K., & Lestari, T. W. (2024). Assistance in Writing Narrative Text Skills Based on Local Wisdom to Improve Critical Thinking in MA AL-Ittihad Tawangsari Mojokerto Students Pendampingan Keterampilan Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Pada Siswa- Siswi MA AL-Ittihad Tawangsari Mojokerto. 3(6), 321–328.
Jopp, R. (2020). A case study of a technology enhanced learning initiative that supports authentic assessment. Teaching in Higher Education, 25(8), 942–958. https://doi.org/10.1080/13562517.2019.1613637
Klebe, L., Felfe, J., Krick, A., & Pischel, S. (2024). The shadows of digitisation: on the losses of health-oriented leadership in the face of ICT hassles. Behaviour & Information Technology, 43(3), 605–622. https://doi.org/10.1080/0144929X.2023.2183053
Komara, E., Rukhaida, I., Wardani, D., & ... (2024). Analisis Psikologi Implementasi Program Kewirausahaan di SMK untuk Membangun Jiwa Entrepreneurship. Didaktika: Jurnal …, 13(1), 1267–1276. https://ssed.or.id/contents/article/view/409%0Ahttps://ssed.or.id/contents/article/download/409/365
Rachmi, S. A. E. P. D. N. A. S. (2024). 52-63+Transformasi+Pendidikan+di+Era+Digital. Jurnal of International Multidisciplinary Research, 2, 52–63.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syafitri Ardeliyani, Atariq Dery, R. E. S. (2023). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769
Webb, M., & Doman, E. (2020). Impacts of flipped classrooms on learner attitudes towards technology-enhanced language learning. Computer Assisted Language Learning, 33(3), 240–274. https://doi.org/10.1080/09588221.2018.1557692
PDF downloads: 124