BLOG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN INOVATIF

  • Siraj STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Blog, Internet, Pembelajaran

Abstract

Blog merupakan bentuk aplikasi web yang memuat catatan online yang berupa teks, gambar, dan video yang tersusun secara hierarkis dan kronologis yang dapat diakses melalui browser internet. Blog efektif dikembangkan sebagai media pembelajaran, karena melalui blog, materi bisa tersaji lebih menarik. Blog bisa dilengkapi dengan grafis, ilustrasi/gambar/foto, video, dan lain-lain. Blog sebagai sumber pembelajaran lebih memberikan informasi dan komunikasi secara interaktif dibandingkan dengan sumber lain. Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat, dengan jangkauan global. Pembelajaran dengan media ini menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pembelajaran mandiri. Dengan teknologi internet, pembelajaran dapat dilaksanakan secara online. Baik kegiatan belajar di kelas maupun tugas mandiri di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri, Muhammad. 2008. Guru Go Blog. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Azhar, Arsyad. 2003. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 1985. Media pendidikan. Bandung: Jemmers.

Himpunan Peraturan Perundang-undangan. 2006. Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Sisdiknas. Bandung: Fokusmedia.

Imanuddin. 1990. ProsesBelajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Prasetyo, F. Hadi. 2007. Desain dan Aplikasi Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Macromedia Flash MX. Yogyakarta : Ardana Media

Sadiman, Arief S. dkk. 2002. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.

Sarwono.1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pres.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasiya. Jakarta: Rineka Cipta.

Article Metrics
Abstract views: 304
PDF downloads: 2254
Published
2010-12-31
How to Cite
Siraj. (2010). BLOG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN INOVATIF. Visipena, 1(2), 18-29. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i2.27
Section
Articles