ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB TINGKAT PEMULA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Abstract
Bahasa adalah alat komunikasi yang paling penting dalam berinteraksi dengan siapapun di dunia ini, Bahasa tidak mungkin terpisahkan dari kehidupan manusia, karena manusialah yang menggunakan bahasa itu sendiri untuk berinteraksi. Salah satunya adalah penggunaan Bahasa didalam kegiatan Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran adalah suatu aktifitas yang kompleks, karena melibatkan banyak komponen, ibarat suatu aktifitas produksi/barang, bahan merupakan komponen yang akan diubah menjadi barang/produksi. Dalam menjalankan proses pembelajaran, diperlukan adanya bahan ajar yang merupakan komponen penting dalam sebuah proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R & D). Hasil analisis dari angket yang di distribusikan kepada mahasiswa melalui Google Form tentang analisis kebutuhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta dapat di identifikasi bahwa mahasiswa sangat setuju dan mendukung adanya pembuatan dan pengembangan bahan ajar berbasis digital pada mata kuliah menulis Bahasa arab Tingkat pemula. Temuan dalam artikel ini secara praktis dapat ditindaklanjuti oleh penulis dan pihak Program Studi dalam mengembangkan Bahan Ajar Menulis Bahasa Arab Tingkat pemula sehingga pembelajaran menjadi bermakna, menyenangkan, dan berkelanjutan.
Abstract
Language is the most important communication tool in interacting with anyone in this world. Language cannot be separated from human life, because humans are the ones who use language themselves to interact. One of them is the use of language in learning activities. Learning activities are complex activities because they involve many components, such as a production activity/goods, materials are components that will be converted into goods/production. A teacher must have many abilities in teaching with various kinds of teaching materials. Teaching materials are very important in the learning process, especially in Arabic. Therefore, the teaching and learning process requires motivational encouragement to increase students' linguistic competence. In carrying out the learning process, teaching materials are needed which are an important component in a teaching and learning process. This research is a type of research and development (R & D) research. R & D is research that is deliberate, systematic, aimed, or directed at finding, formulating, improving, developing, producing, and testing the effectiveness of certain products, models, strategies, services, and procedures that are superior, new, effective, efficient, productive and meaningful. Based on research conducted by the author, in line with the research objective, namely to analyze the need for digital-based teaching materials. The results of the questionnaire analysis of student needs for the Arabic Language Education Study Program at Jakarta State University can be identified that students strongly agree and support the creation and development of digital-based teaching materials in beginner-level Arabic writing courses. . namely to analyze the need for digital-based teaching materials. The results of the questionnaire analysis of student needs for the Arabic Language Education Study Program at Jakarta State University can be identified that students strongly agree and support the creation and development of digital-based teaching materials in beginner-level Arabic writing courses. The findings in this article can be practically followed up by the author and the Study Program in developing beginner-level Arabic Writing Teaching Materials so that learning becomes meaningful, fun, and sustainable.
Downloads
References
Agung Rinaldy Malik, Emzir, E., & Sri Sumarni. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mobile Learning Dan Gaya Belajar Visual Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 1 Maros. Visipena, 11(1), 194-207. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1090.
Anggriani, S. P., Jufri, A. W., Syukur, A., & Setiadi, D. (2022). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 123–129. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.430
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344.
Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka, 201.
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research. Sage publications.
Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 4(1), 100–114. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107
Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan bahan ajar. Direktorat UPI, Bandung, 4(11), 1–13.
Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nida’, 37(1), 82–88.
Koesnandar, A. (2008). Pengembangan bahan ajar berbasis web. Diambil Pada Tanggal, 12.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/828
Nasution, I., & Suharian, S. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi COVID-19. Visipena, 11(2), 266-280. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1154
Nisa, D. K., & Ni’mah, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Maharah al-Kitabah Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAI At Tanwir Bojonegoro. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 49–68. http://dx.doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1241
Putra, N. (2013). Mixed Method Research= Metode Riset Campur Sari: Konsep, Strategi, dan Aplikasi.
Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka Dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Visipena, 12(1), 44-66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476
Rosilia, P., Yuniawatika, Y., & Murdiyah, S. (2020). Analisis kebutuhan bahan ajar siswa di kelas III SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 125-137. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6306
Syaifullah, M. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Santri TPA Al-Barokah Hadimulyo Timur Metro Pusat. At-Ta’dib, 11(2), 305–321. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i2.781
Sukirman, Zaenuri, M., & Hasanah, L. Q. (2023). Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Mahārat al-Istimā‘ Berbasis Kecakapan Abad 21. Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, Dan Sastra Arab, 20(1), 1–20. https://doi.org/10.21009/almakrifah.20.01.01
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.
Yusuf, A. (2014). Analisis kebutuhan pendidikan masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 77-84. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5690
PDF downloads: 5