PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGANALISIS CERPEN DENGAN METODE DISCOVERY DAN METODE KOOPERATIF

  • Nirmawan Universitas Muslim Nusantara
Keywords: Perbedaan Metode Discovery dan Metode Kooperatif

Abstract

Pembelajaran sastra tidak semata-mata bertujuan agar siswa dapat menguasai teori sastra, akan tetapi yang paling penting adalah siswa mampu mengapresiasi bermacam-macam karya sastra, untuk mencapai tujuan ini diupayakan agar dengan pengajaran sastra itu siswa terlatih membaca, memahami, menikmati dan menghargai karya sastra serta mampu mengambil manfaat dari karya sastra yang dibacanya sendiri. beberapa model pengajaran yang dapat membantu siswa mengaitkan antara materi yang disajikan dengan dunia nyata siswa yaitu metode discovery dan metode kooperatif. Metode discovery merupakan metode mengajar yang memajukan cara belajar aktif, berorientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan reflektif. Sedangkan metode pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode dalam pembelajaran kooperatif yang mengarahkan siswa untuk melakukan pembelajaran dan pembahasan materi belajar di dalam kelompok-kelompok dan guru bertindak sebagai fasilitator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rakhmat, J. 1999. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: Reaja Rosdakarya.

Santosa, Riyadi. 2003. Semiotika Sosial: Pandangan terhadap Bahasa. Surabaya: Pustaka Eureka & Jawa Pos.

Sumarlam, dkk. 2003. Teori dan praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Tarigan, H. G. 1986. Menyimak sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

_______. 2008. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The British Council. 1986. Reading and Thinking in English, Vol. 1. Oxford: Oxford University Press.

_______. 1987. Reading and Thinking in English, Vol. 2. Oxford: Oxford University Press.

_______. 1987. Reading and Thinking in English, Vol.3. Oxford: Oxford University Press.

Wiratno, T. 2003. Kiat Menulis Karya Ilmiah dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Article Metrics
Abstract views: 73
PDF downloads: 155
Published
2014-12-31
How to Cite
Nirmawan. (2014). PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGANALISIS CERPEN DENGAN METODE DISCOVERY DAN METODE KOOPERATIF. Visipena, 5(2), 85-96. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i2.272
Section
Articles