PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU: IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MIN 1 KOTA MEDAN

  • Ali Sanusi Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yusuf Hadijaya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kepala Madrasah, Profesionalitas Guru, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam peningkatan profesionalitas guru, dalam implementasi manajemen pendidikan islam di MIN 1 Kota  Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengumpulan data mencakup  reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini 4 orang yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengajar dan staff sekolah. Hasil kajian di lapangan menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru dengan implementasi manajemen pendidikan islam di MIN 1 Kota Medan yaitu manajemen berbasis madrasah di lembaga tersebut merupakan model pengelolaan yang memberikan otonomi yang lebih besar kepada pihak madrasah untuk mengambil keputusan dan mengelola sumber daya sesuai dengan kebutuhan, potensi, serta karakteristik madrasah. Selain itu, kepala madrasah memastikan bahwa guru memiliki akses ke pelatihan dan pengembangan profesional yang berkelanjutan, yang memungkinkan mereka untuk terus meningkatkan kemampuan mereka dan kualitas pengajaran mereka. Kepala madrasah menggunakan pendekatan yang terbuka dan inklusif untuk mendorong semua guru dan karyawan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan. MIN 1 Medan memiliki sumber daya guru yang cukup baik dari segi kualifikasi akademik dan pengalaman mengajar. Rata-rata guru memiliki latar belakang pendidikan S1 Kependidikan dan pengalaman mengajar 5-10 tahun. Secara keseluruhan, kepala madrasah di MIN 1 Kota Medan sangat menerapkan manajemen pendidikan Islam dan meningkatkan profesionalitas guru. Kepala madrasah dapat membuat lingkungan pendidikan yang sangat baik di mana semua guru dan siswa dapat berkembang secara optimal dengan kepemimpinan yang inklusif, dukungan dan kemampuan untuk mengatasi tantangan.


Abstract
The purpose of this study was conducted to determine the role of the madrasah head in improving teacher professionalism, in the implementation of Islamic education management at MIN 1 Medan City. This research uses a qualitative approach with data collection techniques such as observation, in-depth interviews and documentation. While data collection techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing. The subjects in this study were 4 people, namely the principal, vice principal, teachers and school staff. The results of the study in the field show that the role of the principal in improving teacher professionalism with the implementation of Islamic education management in MIN 1 Medan City is madrasah-based management at the institution is a management model that provides greater autonomy to the madrasah to make decisions and manage resources according to the needs, potential, and characteristics of the madrasah. In addition, the madrasah head ensures that teachers have access to ongoing training and professional development, which enables them to continuously improve their abilities and the quality of their teaching. The madrasah principal uses an open and inclusive approach to encourage all teachers and employees to participate in the decision-making process. MIN 1 Medan has good teacher resources in terms of academic qualifications and teaching experience. The average teacher has an educational background of S1 Education and 5-10 years of teaching experience. Overall, the madrasah principal at MIN 1 Medan City is very good at implementing Islamic education management and improving teacher professionalism. The madrasah principal can create an excellent educational environment where all teachers and students can develop optimally with inclusive leadership, support and the ability to overcome challenges.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akram, H., Abdelrady, A. H., Al-Adwan, A. S., & Ramzan, M. (2022). Teachers’ perceptions of technology integration in teaching-learning practices. Frontiers in Psychology, 13.

Ambiya, M. S., Syukri, A., & US, K. A. (2021). Manajemen Kepala Madrasah (Upaya Peningkatan Budaya Kerja Guru). K-Media.

Apriana, E., Warisno, A., & Hidayah, N. (2023). Leadership Style of Madrasah Principal in Improving Teacher Professionalism at Madrasah Aliyah. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(3), 191-199.

Blomeke, S., & Kaiser, G. (2017). Understanding the development of teachers’ professional competencies as personally, situationally and socially determined. International Handbook of Research on Teacher Education, 783-802.

Buchari, A., & Saleh, E. M. (2017). Merancang pengembangan madrasah unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2).

Buchori, U., Ma’mur, I., & Muhtarom, A. (2024). PERAN PENTING KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PROSES PENGEMBANGAN MADRASAH. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 124-143.

Erlita, S. (2020). Hubungan komunikasi interpersonal dan motivasi berafiliasi dengan intensi prososial kelas XI SMU. Jurnal RAP. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 65–79.

Fauzi, A. (2020). Strategi pengembangan madrasah model. Menatap Wajah Pendidikan Indonesia Di Era 4.0: A Book Chapter of Indonesian Lecturer Associations, 109. PT Remaja Rosda Karya.

Fellang, I., Arismunandar, B. S., & Bunyamin, A. (2021). The Supervision Role of Madrasah Heads in Supporting Teacher Competency Improvement. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(6), 652-634.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285.

Handoko, B. T., & Munjin, M. (2023). PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) DALAM RANGKA PENINGKATAN SUPERVISI AKADEMIK DI MAN 1 BANYUMAS. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 6(2).

Hardi, E., Refnywidialistuti, R., Setiawan, H., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan: Kebijakan Pengembangan Profesionalisme Guru Sejarah Sman Di Kota Padang. Visipena, 14(2), 108–121.

Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20.

Istiwana, N., Usman, N., & Murniati, A. R. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di SD Negeri Ujong Patihah Dan SD Negeri Alue Bata. Visipena, 12(1), 156–169.

Jannah, R. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. TSAQAFATUNA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 50–64.

Khumaini, F., Yulia, N. M., & Efendi, M. Y. (2023). Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Era Society 5.0 di Madrasah. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 121-138.

Kurniawan, K. (2022). Peningkatan Kualitas Guru di Sekolah Swasta melalui Program Pelatihan dan Pendampingan Berkelanjutan. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(2), 177–189.

Kusumaningrum, H., Syukur, M., Angga, R., & Kardipah, S. (2024). Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Pengelolaan Sarana Prasarana di MTs Yatashi Bogor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 991–1002.

Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(01), 88-104.

Moleong Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.

Mustari, M. (2022). Manajemen pendidikan di era merdeka belajar. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Renika Cipta.

Nasution, N. A., & Marpaung, S. F. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Sarana Prasarana di Madrasah Aliyah. Urnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 317–329.

Nazib, F. M., Saifullah, I., Nasrullah, Y. M., & Hanifah, F. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2764–2773.

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224-243.

Nurzila, N., Muntholib, M., & Badarusyamsi, B. (2022). Supervision of Madrasah Principal in Motivating Madrasah Aliyah Negeri’s Performance in Jambi Province. Journal of Social Work and Science Education, 3(2), 132-143.

Pambudi, B. A., & Gunawan, I. (2019). Instructional leadership as an effort to increase teacher professionalism in the industrial revolution era 4.0. In The 4th. International Conference on Education and Management (COEMA 2019) (Pp. 216-220). Atlantis Press.

Saihu, M. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. PT Bumi Aksara.

Sari, N., Hamengkubuwono, H., & Mustar, S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 200–216.

Siri, A., Supartha, I. W. G., Sukaatmadja, I. P. G., & Rahyuda, A. G. (. (2020). Does teacher competence and commitment improve teacher’s professionalism. Cogent Business & Management, 7(1), 1781993.

Sopiah, S., & Herman, M. (2018). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 285–292.

Suhada, M. M. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 68–89.

Suliyah, S. (2024). Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan Islam. Tahta Media.

Sumarni, E., Akmaluddin, A., & Rahmattullah, R. (2024). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Yang Berbasis It Di Sd Gugus Xix Dham Lubok. Visipena, 19–33.

Suryadi, A. (2022). Menjadi guru profesional dan beretika. Jejak Publisher.

Tambak, S., & Sukenti, D. (2022). Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 41–66.

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 3(1), 61–66.

Yulianto, T., Siswanto, N. D., Indra, H., & Al-Kattani, A. H. (2024). Analisis Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Lembaga Pendidikan. RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1349–1358.

Zulfiati, N., Harun, C. Z., & Niswanto, N. (2021). Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Budaya Sekolah Di Smk Negeri 1 Meulaboh. Visipena, 12(1), 98–110.

Article Metrics
Abstract views: 97
PDF downloads: 96
Published
2024-06-30
How to Cite
Rambe, A. S., Nasution, I., & Hadijaya, Y. (2024). PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU: IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MIN 1 KOTA MEDAN. Visipena, 15(1), 67-79. https://doi.org/10.46244/visipena.v15i1.2744
Section
Articles