PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI MEMBACA AUTENTIK BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ
Abstract
Kebutuhan akan instrumen literasi membaca autentik muncul karena pentingnya membekali siswa dengan keterampilan untuk menavigasi dunia informasi yang kaya dan kompleks saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun instrument berupa soal-soal yang bisa menilai kemampuan siswa untuk menggunakan literasi membaca dalam konteks nyata, seperti memahami dokumen penting, mengikuti instruksi, atau menganalisis berita untuk informasi yang dapat diandalkan, menyampaikan pendapat, memecahkan masalah kehidupan nyata, atau menempatkan pengetahuan mereka dalam konteks yang lebih luas. Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian literasi membaca autentik berbantuan aplikasi quizizz yang disusun telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas yang tinggi. Validitas isi didukung oleh penilaian experts dengan CVR sebesar 1, menunjukkan bahwa semua aspek instrumen esensial. Validitas soal pilihan ganda dibuktikan melalui analisis korelasi point-biserial yang menunjukkan validitas tinggi setiap butir soal. Reliabilitas instrumen yang tinggi dengan nilai 6,152 Cronbach’s Alpha > 0,70 mengindikasikan konsistensi dalam mengukur kemampuan siswa dalam hal membaca autentik. Penelitian ini memberikan implikasi positif terhadap peningkatan keterampilan literasi membaca siswa dan pemanfaatan teknolgi pembelajaran. Instrumen yang dihasilkan dapat digunakan sebagai alat ukur yang handal untuk mengevaluasi kemampuan literasi membaca siswa khususnya dalam hal membaca autentik, serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan literasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen literasi membaca autentik yang telah dikembangkan tidak hanya memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas yang tinggi, tetapi juga berpotensi untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca siswa di lingkungan pendidikan. Dengan penggunaan teknologi pembelajaran yang tepat, instrumen ini dapat menjadi alat yang efektif untuk mengevaluasi dan mendukung proses belajar mengajar dalam konteks literasi yang semakin kompleks.
Abstract
The need for authentic reading literacy instruments arises because of the importance of equipping students with the skills to navigate today's rich and complex world of information. This research aims to develop an instrument in the form of questions that can assess students' ability to use reading literacy in real contexts, such as understanding important documents, following instructions, or analyzing news for reliable information, expressing opinions, solving real-life problems, or placing their knowledge in a broader context. The type of research used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The results of the research show that the instrument for assessing authentic reading literacy assisted by the Quizizz application has met the criteria for high validity and reliability. Content validity is supported by expert assessment with a CVR of 1, indicating that all aspects of the instrument are essential. The validity of multiple choice questions is proven through point-biserial correlation analysis which shows the high validity of each question item. The high reliability of the instrument with a value of 6.152 Cronbach's Alpha > 0.70 indicates consistency in measuring students' abilities in authentic reading. This research has positive implications for improving students' reading literacy skills and the use of learning technology. The resulting instrument can be used as a reliable measuring tool to evaluate students' reading literacy skills, especially in terms of authentic reading, as well as supporting improving the quality of literacy education. The conclusion of this study shows that the developed authentic reading literacy instrument not only meets the criteria of high validity and reliability, but also has the potential to improve students' reading literacy skills in educational settings. With the appropriate use of learning technology, this instrument can be an effective tool to evaluate and support teaching and learning processes in increasingly complex literacy contexts.
Downloads
References
Adi, L. (2021). Authentic Assessment In Learning Ornamental Variety Based On Coastal Eco-Culture During The Pandemic Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 17–26. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.3723
Afandi, M. R., Ramdhani, M. A. ., Rizky, M. ., Setiawan, M. E. ., & Majid, A. . (2023). Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital: Indonesia . SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 552–562. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1265
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring pelajaran matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2).
Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca siswa di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 313–325. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355
Aswat, H., & G, A. L. N. (2019). Analisis gerakan literasi pojok baca kelas terhadap eksistensi daya baca anak di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302
Ayuningrum, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif di SMK Islam PB. Soedirman. Visipena, 8(2), 351–372. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.418
Bhattacharyya, A. (2022). Representation of Myth, Folklore and Oral Tradition in Gao Xingjian’s Soul Mountain. Folklor/Edebiyat, 28(109), 55–66. https://doi.org/10.22559/folklor.2072
Chittiphalangsri, P. (2015). Trauma, Repressed Memory, and the Question of ‘Authenticity’: Reading see Under: Love and Beloved Through Bhabha. Manusya: Journal of Humanities, 8(4), 43–56. https://doi.org/https://doi.org/10.1163/26659077-00804003
D.M, A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622
Fahreza, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Untuk Kelas V Sdn Kasik Putih Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Visipena, 8(2), 262–279. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.411
Farahiba, A. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Peserta Didik Pada Materi Teks Anekdot. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 146–154. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554
Harsiati, Titik, dan Priyatni, E. T. (2017). Karakteristik Literasi Membaca pada Programme for International Student Asessment (PISSA). Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi.
Hazairin, Eko, P. (2017). Developing Authentic Assessment for Reading Competence. CONAPLIN, 16, 99–103. https://doi.org/10.2991/conaplin-16.2017.21
Heriawan, I. G. T., & Dewi, P. I. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui media pembelajaran quizizz di kaum pelajar masa kini. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).
Lengkanawati, K. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Membaca Bermuatan Asesmen Kompetensi Minimum Pada Materi Asam-Basa. Chemistry in Education, 12(1), 50–57. https://doi.org/10.15294/chemined.v12i1.59620
Makhroji, M., Isda, I. D., & Bania, A. S. (2021). Development of Authentic Assessment Instruments Oriented Reading Skills Based Language Literacy through the Scaffolding Model. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2740–2746. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.976
Megantara, K., & Abdul Wachid BS. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383-390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230
Misda, S., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal Literasi Membaca pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Siswa SMK: Analisis Butir Soal Literasi Membaca pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Siswa SMK Pekanbaru. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 467–481. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7589
Mustopa, R. A., & Mulyati, Y. (2019). Soal Tes Kemahiran Membaca Bahasa Indonesia: Ekspektasi dan Realita. In SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I), 280.
Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901
Nurindanasari, D. A., Setiawan, D. A., & Yuniasih, N. (2020). Pengembangan Instrument Authentic Assessment Pada Aspek Literasi Membaca di SDN 03 Plaosan Kabupaten Malang. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 123–130.
Pratiwiningtyas, B. N. (2017). Pengembangan instrumen penilaian kognitif untuk mengukur literasi membaca bahasa indonesia berbasis model pirls pada siswa kelas IV SD. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 1–9.
Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Saidah, E. N., & Malichatin, H. (2023). Pengembangan Instrumen Literasi Sains Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 3, 240–255.
Sakti, A. (2023). Meningkatkan pembelajaran melalui teknologi digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Salsabila, U. H., Habiba, I. S. ., Amanah, I. L. ., Istiqomah, N. A. ., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Valerie, B. (2016). Authentic Literacy Experiences in the Secondary Classroom. 26, 60–74.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wahyuni, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Deskriptif dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Sistematis Cloze Prosedur untuk Siswa Kelas X SMA Islam Al-Falah Kabupaten Aceh Besar. Visipena, 5(2), 14–24. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i2.255
Warschauer, M. (2006). Laptops and Literacy: Learning in the Wireless Classroom. Teachers College Press.
Widyawati, D. P. (2023). Efektivitas gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca siswa SDN Kuryokalangan. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(5), 939–945. https://doi.org/. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i5.2242
PDF downloads: 11