PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENENGAH ATAS DI SELANGOR DAN ACEH

  • Hamilatul Ummah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Lukman Ibrahim Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Peìmbeìlajaran Modeìl AIR, Meningkatkan Pemahaman, Konseìp Mateìmatis Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Auditiory Intelectual And Repetition (AIR) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Atas di Selangor dan Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen menggunakan desaian tipe one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa form 4PA MTK dan semua siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Sampelnya adalah siswa form 4PA Maahad Tahfidz Kiblah (MTK) yang berjumlah 20 siswa (total sampling) dan siswa kelas X-4 SMAN 4 Banda Aceh berjumlah 30 siswa. Pemilihan sampel kelas di SMAN 4 dilakukan secara acak dari 6 (enam) kelas X yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa perangkat pretest dan posttest dengan jawaban siswa diukur menggunakan rubrik indikator pemahaman konsep. Uji normalitas dilakukan sebelum uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk. Karena normalitas data posttest pada kelas eksperimen di MTK dan di SMAN 4 tidak terpenuhi maka hipotesis diuji dengan statistik non-parametrik menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dari pengujian hipotesis ini memperoleh signifikansi  yang menunjukakan ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest pada pemahaman konsep matematis yang dengan model pembelajaran AIR. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model AIR dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa Form 4PA MTK dan siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Pengaruh ini terjadi sebagai dampak positif  dari suasana belajar yang lebih dinamis dengan siswa sangat aktif berpartisipasi pada setiap langkah  pembelajaran model AIR.


Abstract
This research aims to determine the effect of the Auditory Intellectual and Repetition (AIR) learning model in improving the understanding of mathematical concepts for senior high school students in Selangor and Aceh. The type of research used is quasi-experimental research using a one-group pretest-posttest type design. The population of this study was all students in class 4PA Maahad Tahfidz Kiblah (MTK) and all students in class X SMAN 4 Banda Aceh. The sample was 20 students in class 4PA MTK (total sampling) and 30 in class X-4 at SMAN 4 Banda Aceh. The class samples at SMAN 4 were randomly selected from the 6 existing X classes. The instruments used in this research are pretest and posttest instruments with student answers measured using a mathematical understanding indicator rubric. The normality test was carried out before testing the research hypothesis using the Shapiro-Wilk test. Because the normality of posttest data in the experimental class at MTK and at SMAN 4 was not met, the hypothesis was tested with non-parametric statistics using the Wilcoxon Signed Rank Test. The results of testing this hypothesis obtained a significance of <0.05, which shows that there is a difference between the pretest and posttest results in understanding mathematical concepts using the AIR learning model. It can be concluded that there is an influence of the AIR teaching model in increasing the understanding of mathematical concepts for Class 4PA MTK students and Class X-4 students at SMAN Banda Aceh. This influence occurs as a positive impact of a more dynamic learning atmosphere with students actively participating in every step of the AIR learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiat, A. (2024). PISA 2022: Kemampuan Matematika Pelajar Indonesia Turun. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/169ba863e25c3d3/pisa-2022-kemampuan-matematika-pelajar-indonesia-turun

Annisa, S. A., Ainy, F. N., Adelia, V. A., Istiqomah, I. A., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 227–232.

Buga, E., & Making, S. R. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, And Repetition Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Peluang Kelas XI IPA SMAN 1 Kota Tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 1(2), 165–170.

Fatmawan, Lestari, N. A. P., Made, K. L., Dewi, S. A., Hita, I. P. A. D., Astuti, N. M. I. P., & Ridho, A. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Nilacakra.

Fikrati, I. E. R. A. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Web Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Jombang. 1–9.

Imaningtyas, Ningrum, D. C., MUlyani, R., Purnama, P. M., Yusli, Y., Sukamto, A., Asmara, A., Ismail, R., Eparlina, E., Saepudi, A., & Pamungkas, M. D. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Matematika. EDUPEDIA publisher. https://press.eduped.org/index.php/pedia/article/view/14

Irfan Ariadi. (2018). Pengaruh Penerapan Model Auditory Intelectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Mtsn 1 Aceh Besar. Thesis. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam–Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3245

Maarif, I. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air). Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 146–159. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.185

Manasikana, O. A., Noer, A., Andhika, M., & Edi, S. M. B. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran Untuk Guru Ipa SMP. LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Nur, Faizah M, & T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya di Kelas IV SDN 4 Peudada. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 617–628.

Pasha, V. F., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 235. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7217

Paxia, D. (2024). The Effectiveness of The Indonesian Realistic Mathematics Education Approach To Enhance Mathematical Concept Understanding Skills. EduCurio: Education Curiosity, 2(2), 208–215.

Rahmad, A. (2024). Alasan Peneliti Menggunakan Analisis Statistik Wilcoxon ( Non Parametrik ). In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 6(121).

Rasul, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectual and Repetition (Air) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas X Sma Al-Falah Hmm Timika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(2), 94–107. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i2.252

Runtukahu, J. T. S. K. (2019). Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar (Rose KR (ed.)). Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sholihah, A. N., & Machdar, N. M. (2024). E-Filling, Pemahaman Perpajakan, Dan Sosialisasi: Kunci Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak . Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 2(2), 576–588. https://doi.org/10.70248/jakpt.v2i2.1636

Siregar, H. L., Siregar, Y. P., & Hakim, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. … Mathematic Education Journal …, 3(3), 42–49. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1779

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Article Metrics
Abstract views: 94
PDF downloads: 48
Published
2024-12-31
How to Cite
Ummah, H., & Ibrahim, L. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENENGAH ATAS DI SELANGOR DAN ACEH. Visipena, 15(2), 153-167. https://doi.org/10.46244/visipena.v15i2.2920
Section
Articles