ANALISIS MODEL RASCH INSTRUMEN TES PEMAHAMAN PESERTA PENDIDIKAN PELATIHAN DASAR CPNS PETUGAS PEMASYARAKATAN PADA MATERI AGENDA DUA NILAI – NILAI DASAR BERAKHLAK

  • Rini Setiawati Universitas Negeri Jakarta
  • Ryan Arthur Universitas Negeri Jakarta
  • Muh Khamdan Balai Diklat Jawa Tengah Kementerian Hukum
Keywords: Instruments, Rasch Model, Training of CPNS, Core Values correctional officers, Berakhlak measurement

Abstract

Petugas pemasyarakatan bertanggungjawab dalam mengawasi, dan membina warga binaan pemasyarakatan wajib menginternalisasi nilai – nilai dasar BerAKHLAK. Internasilasi core values ini dimulai dengan memahami apa itu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, adaptif dan kolaboratif. Sehingga akan mempengaruhi sikap kerja yang positif. Penelitian ini dimaksudkan dalam rangka menelaah karakteristik pada instrumen pemahaman peserta pelatihan dan pendidikan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Petugas Pemasyarakatan pada materi agenda dua nilai – nilai dasar BerAKHLAK dengan Rasch Rasch. Penelitian dilakukan di BPSDM Kementerian Hukum tahun anggaran 2024 pada gelombang 3, jumlah sampel sebanyak 113 peserta. Jumlah pertanyaan terdiri dari 14 butir soal yang berkaitan dengan materi agenda dua nilai-nilai dasar berakhlak. Seleksi butir bertujuan untuk memperoleh butir fit menggunakan program Winstep V.3.73. Didapat 14 butir cocok dengan model Rash, dimana nilai Outfir MNSQ didapat 1,00 dan nilai ZSTD adalah 0,1 nilai Point Measure Correlation diantara -2,0 sampai dengan + 1,5. ; dengan nilai Person measure sebesar 1,36 logit dan besaran Item Reliability sebesar 0,88 dan Alpha Cronbach adalah 0,71. Penelitian ini menemukan kemampuan rata – rata peserta diklat di atas tingkat kesukaran tes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa instrumen dapat digunakan untuk mengukur pemahaman peserta diklat Latsar CPNS pada petugas pemasyarakatan.


Abstract
Correctional officers are responsible for supervising and fostering correctional inmates who are obliged to internalize the basic values of Morality. The internasilization of core values begins with understanding what it means to be service-oriented, accountable, competent, harmonious, adaptive and collaborative. So that it will affect a positive work attitude. This study aims to analyze the characteristics of the comprehension test instrument for training participants and education of prospective civil servants (CPNS) for correctional officers on the agenda material of two basic values of AKHLAK with  the Rasch model approach. The research was conducted at the BPSDM of the Ministry of Law for the 2024 fiscal year in wave 3, with a sample of 113 participants. The instrument consists of 14 questions related to the agenda material of the two basic moral values. Selection of test items to get a fit item using the Winstep V.3.73 program. The results of this study are 14 questions in accordance with the Rash model, with  an MNSQ Outer  Value of 1.00 and a ZSTD value of 0.1, a Point Measure Correlation value between -2.0 to + 1.5.; with a Person measure value of 1.36 logit and an Item Reliability value of 0.88 and Alpha Cronbach by 0.71. This study found that the average ability of training participants was above the level of difficulty of the test. The results of this study conclude that the instrument can be used to measure the understanding of CPNS Latsar training participants in correctional officers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bond, T. (2015). Applying the Rasch Model : Fundamental Measurement in the Human Sciences, Third Edition. In Applying the Rasch Model. Routledge.

Dewi, P. T. (2023). Evaluasi Pengaruh Internalisasi Core Values Berakhlak Terhadap Sikap Kerja Sebagai Outcome Pelatihan Dasar CPNS. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 409–418. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6285

Eka, S., & Purba, D. (2018). Analisis Model Rasch Instrumen Tes Prestasi pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 142–147. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd

Ngadi, N. (2023). Analisis Model Rasch untuk Mengukur Kompetensi Pengetahuan Siswa SMKN 1 Kalianget pada Mata Pelajaran Perawatan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/JPVO.V6I1.63479

Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

Rozaki, A. F. (2024, November 7). Mengenal Delapan Misi “Asta Cita” Pemerintahan Prabowo-Gibran. https://www.rri.co.id/lain-lain/1103608/mengenal-delapan-misi-asta-cita-pemerintahan-prabowo-gibran

Sakti Herwanto, T., & Hutasoit, T. E. (n.d.). Tingkat Internalisasi Core Values BerAKHLAK Peserta Latsar CPNS di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karawang. In Contemporary Public Administration Review (CoPAR) (Vol. 1, Issue 1).

Sari, E. D. K., & Mahmudi, I. (2024). Analisis Pemodelan Rasch pada Asesmen Pendidikan (Analisis Menggunakan Aplikasi Winstep) (1st ed.). PT. Pena Persada Kerta UTama.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan (B. Trim, Ed.). Trim Komunikata.

Tunggal, P. T. (2023). Evaluasi Pengaruh Internalisasi Core Values Berakhlak Terhadap Sikap Kerja Sebagai Outcome Pelatihan Dasar CPNS. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 409–418.

Undang - Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara.
Article Metrics
Abstract views: 36
PDF downloads: 6
Published
2024-12-31
How to Cite
Setiawati, R., Arthur, R., & Khamdan, M. (2024). ANALISIS MODEL RASCH INSTRUMEN TES PEMAHAMAN PESERTA PENDIDIKAN PELATIHAN DASAR CPNS PETUGAS PEMASYARAKATAN PADA MATERI AGENDA DUA NILAI – NILAI DASAR BERAKHLAK. Visipena, 15(2), 189-203. https://doi.org/10.46244/visipena.v15i2.2989
Section
Articles