PENINGKATAN KINERJA GURU PRODUKTIF DI SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH MELALUI KONTRAK GURU PRODUKTIF DENGAN DISDIKPORA KOTA BANDA ACEH

  • Muhammad Husin SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh
Keywords: kinerja, kontrak guru produktif

Abstract

Kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin di sekolahnya yang bertanggung jawab untuk memimpin proses pendidikan di sekolah, berkaitan dengan peningkatan mutu SDM, peningkatan profesionalisme guru, karyawan, dan semua yang berhubungan dengan sekolah di bawah naungan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. PTS ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/ 2013 selama kurang lebih enam bulan mulai Januari hingga Juni 2013. Penelitian Tindakan Sekolah dilaksanakan melalui dua siklus. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat peningkatan kinerja guru produktif di SMK negeri 5 Telkom Banda Aceh melalui kontrak guru produktif dengan disdikpora kota Banda Aceh. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru produktif di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah guru-guru tersebut sebanyak 7 orang yang terdiri dari 1 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Sumber data dalam penelitian tindakan Sekolah ini adalah guru produktif di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh khususnya yang sudah dikontrak oleh Disdikpora Kota Banda Aceh. Prosedur penelitian tindakan sekolah ini di uraikan sesuai dengan sesuai masalah yang dirumuskan yakni sebagai berikut (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, (d) refleksi, dan (e) rekomendasi. Hasil observasi yang dilaksanakan pada siklus I menunjukan bahwa guru hanya mencapai persiapan rata-rata jumlah skor 24 dan mencapai 60% kemampuan guru dalam mengajar pada taraf kesiapan guru dalam proses pembelajaran. Hasil pelaksanaaan pada siklus II ini meunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menjadikan berbagai kegiatan lebih efektif data tersebut di atas menunjukkan 87,5% kemampuan guru dalam mempersiapkan diri sehingga guru terjadi peningkatan kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan (Kepemimpinan Jenius IQ+EQ, Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos). Bandung: Alfabeta CV

Gibson, dkk. (2009). Organizational: Behavior, Structure, Processes. New York:

Gibson, Ivancevich, Donnelly. 1996. Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta Barat: Binarupa Aksara

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia:Pengertian Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung

Kusmianto (1997) Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas. Jakarta. Majid

Mathis, R.I. dan Jacson. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Mink.1993. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia (Kinerja/Performance). Jakarta: Elik Media Koputindo

Nawawi, H Hadari dan Mimi Martini. 1994. Penelitian terapan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Permendiknas No. 41 Tahun 2007

Rhodes, Linda; Robert Eisenberger dan Stephen Armeli (2001), “Affective Commitment to the Organization: The Contribution of Perceived Organizational Support,” Journal of Applied Psychology 86, (5), 825-836.

Simamora, 2000, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka Utama

Sulaiman, W., 2006, Statistik Non-parametrik Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS, Penerbit ANDI, Yokyakarta.

Tilaar (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta

Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Akasara

UU No. 14 Tahun 2005

UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003

Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Article Metrics
Abstract views: 220
PDF downloads: 171
Published
2015-06-30
How to Cite
Muhammad Husin. (2015). PENINGKATAN KINERJA GURU PRODUKTIF DI SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH MELALUI KONTRAK GURU PRODUKTIF DENGAN DISDIKPORA KOTA BANDA ACEH. Visipena, 7(1), 142-153. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i1.302
Section
Articles