PENINGKATAN KINERJA GURU PRODUKTIF DI SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH MELALUI KONTRAK GURU PRODUKTIF DENGAN DISDIKPORA KOTA BANDA ACEH
Abstract
Kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin di sekolahnya yang bertanggung jawab untuk memimpin proses pendidikan di sekolah, berkaitan dengan peningkatan mutu SDM, peningkatan profesionalisme guru, karyawan, dan semua yang berhubungan dengan sekolah di bawah naungan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. PTS ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/ 2013 selama kurang lebih enam bulan mulai Januari hingga Juni 2013. Penelitian Tindakan Sekolah dilaksanakan melalui dua siklus. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat peningkatan kinerja guru produktif di SMK negeri 5 Telkom Banda Aceh melalui kontrak guru produktif dengan disdikpora kota Banda Aceh. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru produktif di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah guru-guru tersebut sebanyak 7 orang yang terdiri dari 1 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Sumber data dalam penelitian tindakan Sekolah ini adalah guru produktif di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh khususnya yang sudah dikontrak oleh Disdikpora Kota Banda Aceh. Prosedur penelitian tindakan sekolah ini di uraikan sesuai dengan sesuai masalah yang dirumuskan yakni sebagai berikut (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, (d) refleksi, dan (e) rekomendasi. Hasil observasi yang dilaksanakan pada siklus I menunjukan bahwa guru hanya mencapai persiapan rata-rata jumlah skor 24 dan mencapai 60% kemampuan guru dalam mengajar pada taraf kesiapan guru dalam proses pembelajaran. Hasil pelaksanaaan pada siklus II ini meunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menjadikan berbagai kegiatan lebih efektif data tersebut di atas menunjukkan 87,5% kemampuan guru dalam mempersiapkan diri sehingga guru terjadi peningkatan kinerja.
Downloads
References
Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan (Kepemimpinan Jenius IQ+EQ, Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos). Bandung: Alfabeta CV
Gibson, dkk. (2009). Organizational: Behavior, Structure, Processes. New York:
Gibson, Ivancevich, Donnelly. 1996. Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta Barat: Binarupa Aksara
Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia:Pengertian Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung
Kusmianto (1997) Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas. Jakarta. Majid
Mathis, R.I. dan Jacson. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Mink.1993. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia (Kinerja/Performance). Jakarta: Elik Media Koputindo
Nawawi, H Hadari dan Mimi Martini. 1994. Penelitian terapan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Permendiknas No. 41 Tahun 2007
Rhodes, Linda; Robert Eisenberger dan Stephen Armeli (2001), “Affective Commitment to the Organization: The Contribution of Perceived Organizational Support,” Journal of Applied Psychology 86, (5), 825-836.
Simamora, 2000, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka Utama
Sulaiman, W., 2006, Statistik Non-parametrik Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS, Penerbit ANDI, Yokyakarta.
Tilaar (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta
Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Akasara
UU No. 14 Tahun 2005
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003
Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
PDF downloads: 185