PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA

  • Dwi Putri Rejeki Akedemi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi
Keywords: Model learning cycle 5E, hasil belajar, sikap.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan sikap peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E, serta memperoleh gambaran respon guru dan peserta didik terhadap penerapan model tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental design melalui one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Sampel yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XII IPA-3 yang dijadikan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, lembar observasi untuk mengetahui sikap peserta didik, serta angket untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap model pembelajaran learning cycle 5E. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data N-gain berdistribusi normal. Nilai rata-rata N-gain hasil belajar peserta didik yang diperoleh sebesar 35,9% termasuk kedalam kategori sedang. Secara deskriptif sikap belajar peserta didik juga menunjukkan adanya peningkatan. Guru dan peserta didik juga memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model pembelajaran learning cycle 5E, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model learning cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, P. L dan Abel, S. K. 2007. Examining the Learning Cycle. Research and tips to support science education. http://web.missouri.edu/~hanuscind/4280/ExaminingLearningCycle.pdf, (diakses 26 Maret 2013).

Eggen, P dan Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Fajaroh, F dan Dasna I. 2007. Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/20/pembelajaran-dengan-model-siklus-belajar-learning-cycle/, (diakses 26 Maret 2013).

Merdekawati, K. 2013. Pengaruh Kemampuan Matematik Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 2(1): 26-31

Mustapha, R., Rahim, A., dan Azman, M. 2014. Exploring The Problems Faced By Technical School Students In Learning Engineering Courses. Journal of Engineering Science and Technology. 9(6): 690 – 701.

Qarareh, A. O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal Education Science. 4(2): 123-132.

Raehanah., Mulyani, S., dan Saputro, S. 2014. Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Problem Solving Tipe Search Solve Create And Share (Sscs) Dan Cooperative Problem Solving (Cps) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Matematis. Jurnal Inkuiri. 3(1): 19-27.

Rahayuningsih, R., Masyukri, M., dan Utami, B. 2012. Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Disertai Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI Ipa Sma Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1): 51-58.

Rusman. 2012. Model-meodel Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiyono, F. P. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal Pengembangan Perangkat Pembelajaran. 1(2): 149-158.

Soeprodjo., Priatmoko, S., dan Sariana, E.Y. 2008. Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2(1): 224-229.

Sumarni, W. 2010. Penerapan Learning Cycle Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferensia Logika Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4(1): 521-531.

Sari, C.DS., Mulyani, B., dan Utami, B. 2013. Penerapan Siklus Belajar 5e (Learning Cycle 5E) Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1): 1-6.

Tuna, A dan Kacar, A. 2013. The Effect of 5E Learning Cycle Model in Teaching Trigonometry On Students’ Academic Achievement and the Permanence of Their Knowledge. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 4(1): 73-87.

Udousoro, U.J. 2011. The Effects of Gender and Mathematics Ability on Academic Performance of Students in Chemistry. An International Multidisciplinary Journal. 5(4): 201-213.

Utari, S., Alfiani., Feranie, S., Aviyanti, L., Sari, MI., dan Hasanah, L. 2013. Application of Learning Cycle 5e Model Aided Cmaptools-Based Media Prototype to Improve Student Cognitive Learning Outcomes. Applied Physics Research. 5(4): 69-76.

Yalcin, A.F dan Bayrakceken, S. 2010. The Effect of 5e Learning Model on Pre-Service Science Teachers Achievement of Acids-Bases Subject. International Online Journal of Educational Sciences. 2(2): 508-531.

Article Metrics
Abstract views: 198
PDF downloads: 197
Published
2015-12-31
How to Cite
Dwi Putri Rejeki. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA. Visipena, 7(2), 15-23. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.305
Section
Articles