PEMBELAJARAN BERBASIS DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES, HASIL DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • Bansu I. Ansari Kopertis Wilayah XIII Aceh
Keywords: Pembelajaran Berbasis Diagnostik, Kualitas Proses Pembelajaran, Hasil Pembelajaran Dan Manajemen Pembelajaran

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan mutu proses, hasil dan manajemen
pembelajaran matematika melalui diagnosis hasil belajar. Rancangan yang dipilih untuk riset ini ialah
rancangan Action Research dalam kurun waktu yang cukup memadai. Subyek sampel terdiri dari 588
siswa yang berasal dari wilayah penelitian Kota Bandung dan Nanggro Aceh Darussalam. Perlakuan
terhadap subyek sampel berupa strategi pembelajaran remedial diberikan setelah melakukan diagnosis
hasil belajar. Setelah diberikan tes diagnostik kepada siswa, selanjutnya dilakukan wawancara
terfokus kepada guru dan siswa untuk mengetahui efektivitas perlakuan dan pandangan mereka
terhadap perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam setiap tahap iterasi, kemampuan
siswa memiliki kecenderungan yang semakin meningkat namun belum optimal, karena rata-rata
kemampuan mereka masih mencapai nilai cukup. Secara individual sebanyak 28,5 % siswa tuntas
belajar (x  7,5) dan 50,2 % siswa memperoleh nilai cukup (6  x<7,5). Dari hasil wawancara
diperoleh informasi, pada umumnya guru Sekolah Dasar jarang melakukan diagnosis hasil belajar dan
pembelajaran remedial, meskipun mengetahui bahwa siswanya belum berhasil/tuntas belajar. Namun
setelah program pengajaran tersebut diperkenalkan, para guru menyikapinya secara posisitf meskipun
masih mengeluhkan waktu yang tersedia. Efektivitas pengajaran remedial ternyata lebih meningkat,
ketika guru telah mengetahui kesulitan siswanya dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashlock, R. B., 1994, Error Patterns In Computation. New York: Macmilllan Publishing Company.

Brown, J. S. & Van Lehn, K. (1980). “Repair Theory: A Generative Theory of Bugs in Procedural Skill”, Cognitive Science 4 (1980): 379-426.

Clements, M. A. (1982). “Careless Errors Made by Six-Grade Children on Written Mathematic Task”, Journal for Research in Mathematics Education, (1982): 136-144.

Gough (2003). Diagnostic Mathematical Task: Case Studi. A Paper. Deakin: Centre for Studies in Mathematics, Science and Environment Deakin Universuty.

Ning YU, et al (2003). “Cognitively Diagnostic of Mathematical Knowlegde Structures of Eelementary School Children”. Journal of Education and Psychology. 24 (2001) 263-301.

Pendidikan Umum Sukses, karena PR dalam Kompas tanggal 17 Pebruari 1997 hal. 21.

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Supriyoko, K. (1998), Mengembangkan Kompetensi Dasar di Sekolah, Kompas, tanggal 28 Agustus 1998, halaman 4

Article Metrics
Abstract views: 63
PDF downloads: 220
Published
2015-12-31
How to Cite
Bansu I. Ansari. (2015). PEMBELAJARAN BERBASIS DIAGNOSTIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES, HASIL DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Visipena, 7(2), 71-81. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.311
Section
Articles