MENUJU PERSPEKTIF BARU DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SOSIAL-BUDAYA PADA ANAK

  • Erna Roostin STKIP Sebelas April Sumedang
Keywords: Perspektif, Pembelajaran, Anak, Pendekatan , Sosial, Budaya

Abstract

Pendekatan sosial-budaya merupakan salah satu pengembangan dari kurikulum. Pendekatan ini dipengaruhi oleh pemikiran Piaget, Bruner dan Vygotsky. Sosio-budaya sangat terpengaruh oleh pandangan-pandangan dari Vygotsky (1978) . Seiring dengan Piaget penekanan terhadap pemahaman perkembangan ditinjau dari sisi genetik . Pendekatan lainnya mengarah pada perhatian asal muasal “Sosial”, dimana kapasitas intelektual berhubungan erat dengan aktifitas sosial , semakin tinggi intelektual seseorang maka aktivitas sosialnya juga akan semakin banyak, hal ini dikarenakan aktivitas sosial sebagai tuntutan dari intektual sesuai dengan pengamatan dan analisis Vygotsky. Kemampuan dan hubungan antar manusia selalu dikaitkan dengan penggunaan alat alat dan teknologi fisik. Akan tetapi sosial-budaya mengarahkan pemikiran kita bukan kepada fisiknya akan tetapi bagaimana cara-cara dan ketersediaan alat tersebut, dengan kata lain sosial-budaya mengambil pandangan/perspektif dari sudut pemikirannya, sedangkan realitanya diwujudkan dengan bentuk alat-alat tadi. Pendidikan diperoleh dari pemaknaan terhadap tradisi dan budaya, dan pengetahuan dapat diperoleh dari masyarakat. Bruner juga berpendapat bahwa pendidikan harus membantu siswa tumbuh besar dalam suatu budaya, membantu menemukan identitas diri dan membantu menemukan makna hidup dari budaya tersebut. Alat dan tanda serta simbol sesuatu adalah produk dari sejarah sosial-budaya yang diinterpestasikan kedalam pemikiran orang-orang/masyarakat sesuai perkembangan didalam masyarakat. Pada kenyataan terdapat begitu banyak budaya dimuka bumi ini, termasuk pola pengasuhan anak. Di Indonesia pola orang tua untuk mendidik dan mengasuh putra putrinya dikenal dengan istilah asuh, asah dan asih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Hafizh Mushlihin. (2012) .Teori Pembelajaran Sosial Vygotsky http://www.referensimakalah.com/2012/09/teori-pembelajaran-sosial-vygotsky.html Diakses tanggal 3 April 2014

Bacthiar.( 2013). Kebijakan Pendidikan Indonesia: Kebijakan Berbasis Riset. UPI: Konferensi pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan Dasar.

Hermawan dan Kanda. (2006). Perspektif Sosial Budaya. Bandung: UPI Press.

Kementrian Pendidikan Nasional. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.

Khaerudin, H. (2002). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.

Muttaqin Tatang. (2007). Meneropong Tumbuh Kembang Anak: Persfektif Sosio-Budaya http://referensimakalah.com /2007/04/ meneropong-tumbuh-kembang-anak: Persfektif-sosio-budaya. Html. Diakses tanggal 3 April 2014

Poerwadarminta. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta :Pusat Bahasa.

Santrock. (1998) . Perkembangan Anak : Jakarta :Erlangga.

Senjaya Wina.(2013).Strategi Pembelajaran.Jakarta.Kencana .

Shochib, M. (2010). Pola asuh orangtua. Jakarta:Rieneka Cipta.

Sujiyono Yuliani.( 2011). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Undang undang. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Wortham,sue c.( 2006). Earyl Childhood Curriculum. Developmental Bses for Learing And Teaching. Columbus Ohaio, Pearson.

Article Metrics
Abstract views: 7282
PDF downloads: 1414
Published
2015-12-31
How to Cite
Erna Roostin. (2015). MENUJU PERSPEKTIF BARU DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SOSIAL-BUDAYA PADA ANAK. Visipena, 7(2), 82-90. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.313
Section
Articles