KORELASI PENGGUNANAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SISWA DALAM BERBAHASA INGGRIS DI MTSS DARUL ULUM BANDA ACEH

  • Ema Dauyah Universitas Abulyatama
Keywords: Korelasi, kulaitas siswa, B. Inggris

Abstract

Penelitian dilakukan di MTsS Darul Ulum Kotamadya Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah secara umum untukmengetahui mengetahui sejauh mana hubungan penggunaan materi/bahan ajar dalam proses belajar mengajar disekolah bilingual terhadap penguasaan B.Inggris di sekolah bilingual,mengetahui sejauh mana hubungan cara guru mengajar disekolah bilingual terhadap penguasaan sekolah bilingual; serta untuk mengetahui korelasi perilaku siswa dan orangtua di rumah terhadap penguasaan B.Inggris di sekolah bilingual. Penelitian ini termasuk penelitian deskrptif korelasional dengan menggunakan metode survey, dengan menggunakan kuesioner dan nilai hasil rapor siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MTsS Darul Ulum Banda Aceh dengan jumlah sebanyak 118 siswadan sampel adalahsiswa kelas VIII-1 dan VIII3 yang berjumlah 62 orang. Teknik pengolahan data menggunakan rank korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sampel 62 orang diperoleh data bahwa terdapat hubungan antara penggunaan bahasa Inggris dengan kualitas bahasa Inggris siswa, hal ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kualitas bahasa Inggris dapat di terapkan lebih tinggi terhadap penggunaan bahasanya. Pengguan bahan ajar atau materi yang tepat dan sesuai kebutuhan siswa sangat memegang peranan yang sangat penting sebagai alat untuk mencapaian tujuan pembelajaran. Cara mengajar guru juga sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa dalam berbahahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2005.Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional.

Anonim, 2006.Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.WIPRESS.

Anonim, 2009.Permendiknas Nomor 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.Departemen Pendidikan Nasional.

Anonim, 2010. Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Direktorat Pembinaan SMA.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Berns, R. G. dan Erickson, P. M. 2001.Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. The Highlight Zone: Research. National Dissemination Center for Career and Technical Education. Columbus.

Bonwell, C. C. 2012. Active Learning: Creating Excitemeny in the Classroom. Green Mountain Falls

Coleman, H. 2009. Indonesia’s International Standard Schools’: What are they for?.Paper yang dipresentasikan di Language and Development Conference, Dhaka. 22 – 23 Juni 2009.

Coughlan, A. 2007. Reflective Learning: Keeping A Reflective Learning Journal. DCU Student Learning Resources.

Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional). 2007. Pedoman Penjamin Mutu Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Froyd, J. dan Simpson, N. (2004). Student-Centered Learning Addressing Faculty Questions about Student-centered Learning. Texas A&M University.

Gay, L. R, Mills, E. G dan Airasian, P. 2009. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Pearson.

Illahi, M, T. 2012. Pembelajaran discovery strategy & mental vocational skill. Jogjakarta: Diva Press.

Hayati, S. 2012. Pendekatan Joyful Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) http://pakguruonline.pendidikan.net diakses 6 November 2012.

Hornby, A.S. Oxford advanced learner’s dictionary (2002). Oxford: Oxford University Press.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Muchlisin, F. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Learning Dengan Pendekatan Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Motor Diesel di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

http://eprints.uny.ac.id/10156/1/JURNAL.pdf diakses 7 November 2014.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remosdakarya.

Purba, A. 2013. Peranan Lingkungan Bahasa Dalam Pemerolehan Bahasa Kedua. Jurnal Pena3(1), 13-25.

Santoso, T. (2006).The Benefit of Bilingual Education and its Application in Indonesia.

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencan Prenada Media Group.

Slameto.(2010). Belajar dan faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wills, J. (2007).The Neuroscience of Joyful Education.

Wei, et.al. 2011. A Joyful Classarroom Learning System with Robot Learning

Companion for Children to Learn Mathematics Multiplication.TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology 10 (2), 11-23

Article Metrics
Abstract views: 648
PDF downloads: 241
Published
2015-12-31
How to Cite
Ema Dauyah. (2015). KORELASI PENGGUNANAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SISWA DALAM BERBAHASA INGGRIS DI MTSS DARUL ULUM BANDA ACEH. Visipena, 7(2), 117-128. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.316
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)