PENDEKATAN METODE KOOPERATIF TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MATERI TENTANG MEMAHAMI HADIST TENTANG MENJAGA DAN MELESTRIKAN LINGKUNGAN ALAM

  • Yusnidar MTsN Tanoh Jambo Aye, Aceh Utara
Keywords: Metode kooperatif tipe Jigsaw, kemampuan, surat pendek.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa terutama pada kelas IX-3 materi memahami hadist tentang menjaga dan melestrikan lingkungan alam, yang dilakukan secara pilihan, penelitian berlangsung selama tiga bulan yaitu sejak bulan Februari sampai dengan bulan April 2015. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)(the claasroom action research) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX-3 MTsN Tanah Jambo Aye yakni sejumlah 22 siswa. Adapun teknik analisis data yakni dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif artinya dengan cara membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang telah dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Melalui pendekatan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada kompetensi dasar menjelaskan materi memahami hadist tentang menjaga dan melestraikan lingkungan alam, secara sengaja dibagikan guru untuk dibaca oleh sejumlah siswa, kemudian memasuki pada tahap akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 24,66%, yaitu dari rata-rata tes kondisi awal 56 kemudian menjadi 75. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada akhir siklus II telah mencapai 92% dengan persentase peningkatan dari siklus I sebesar 28,41% jika dibandingkan dengan pra-siklus yang hanya mencapai 27%. Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti melalui teknik non tes juga menunjukkan aktivitas membaca siswa lebih meningkat jika dibandingkan pada siklus I dan siklus II jika dibandingkan dengan pra siklus. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas IX-3 MTsN Tanah Jambo Aye, secara sah artinya data diperoleh melalui hasil riset telah mengalami peningkatan kemampuan belajar materi memahami hadist tentang menjaga dan melestrikan lingkungan alam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Madjid. 2010. Hakikat Pengertian Pembelajaran Qur’an Hadist. Jakarta. Erlangga.

Anita. 2010. Penggunaan Metode Kooperatif Learning. Inna Publikatama. Jakarta.

Departemen of Education. 2001. Aplication of Cooperative Learning Methode. Di Publikasikan oleh Yale Univeristy, dimuat dalam Jurnal Nasional Pendidikan. Jakarta.

Saiful Bahri Djamarah. 1992. Proses Interaksi Belajar antara Guru dan Siswa. Jakarta. PT. Bina Aksara.

Saiful Djamarah dan Aswin Zain. 1996. Banyak Manfaat Penggunaan Metode Cooperative Type Jigsaw. Nuansa Press. Surakarta.

----------- .1996. Beribu Manfaat Penggunaan Metode Cooperative Type Jigsaw. Nuansa Press. Surakarta.

Purwanto. 2003. Hakikat Pembelajaran Qur’an Hadist. Jakarta: Rineka Cipta.

Article Metrics
Abstract views: 131
PDF downloads: 185
Published
2015-12-31
How to Cite
Yusnidar. (2015). PENDEKATAN METODE KOOPERATIF TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MATERI TENTANG MEMAHAMI HADIST TENTANG MENJAGA DAN MELESTRIKAN LINGKUNGAN ALAM. Visipena, 7(2), 138-156. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.321
Section
Articles