PENINGKATAN NILAI SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA MELALUI MODEL MIND MAPPING SISWA KELAS XI-IPA A.1 SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 UNGGUL

  • Syarifah Nurmasyithah Dinas Pendidikan Aceh Besar
Keywords: Model Mind Mapping, Nilai Siswa

Abstract

Peningkatan kreativitas siswa dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajara mind mapping sebagai usaha guru dalam memperbaiki prestasi belajar siswa dan meningkatkan nilai belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui penerapan modelmind mapping dapat meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari meteri termokimia di kelas XI-IPA.1 SMAN 1 Unggul Baitussalam tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA.1 berjumlah 20 orang siswa pada semester ganjil. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan sitim siklus yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keadaan awal menunjukkan bahwa aspek afektif nilai 25,00 % aspek kognetif nilai 20,00 % dan psikomotor nilai 16, 66 %, 2) Siklus I pertemuan 1, nilai Afektif 56,26 nilai kognetif 55,83 dan nilai psikomotor 55,93 Nilai ketuntasan secara kalsikal mencapai 55 % dan pertemuan 2 afektif 68,60, kognetif mencapai 66,71 psikomotor 67,68. Hasil persentase ketuntasan secara klasikal mencapai nilai 67, 66 % dan 3) Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata aspek afektif 72,43 aspek kognetif 73,60 dan aspek psikomotorik 74,33.nilai ketuntasan mencapai 73,45 % sedangkan pertemuan ke 2 nilai rata-rata pada aspek afektif 76,90 kognetif mencapai 77,06 dan aspek psikomotor 77,23. nilai ketuntasan secara klasikal telah mencapai 78,06 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. 2013. Kimia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2013. Buku Guru Kimia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud.

Depdiknas (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta : Depdiknas

Nanang Hanafiah(2009) .Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan disekolah,Bandung : Naskah Akademik

Sadirman, A.M (1998). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar; Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung : Rajawali

Arikunto, Suharsini, 1991. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.

Mulyasa (2005:45) . Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosda Karya.Kemmis, S. and McTaggart, R. 2008. The Action Research Reader. Victoria: Deakin University Press.

Pidarta (2004:55) . Manajemen Pendidikan Indonesi. Jakarta:Rineka Cipta.

Sugiarto. (2004). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Taufik Bahaudin (1999). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics
Abstract views: 189
PDF downloads: 636
Published
2015-06-30
How to Cite
Syarifah Nurmasyithah. (2015). PENINGKATAN NILAI SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA MELALUI MODEL MIND MAPPING SISWA KELAS XI-IPA A.1 SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 UNGGUL. Visipena, 6(1), 12-24. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.347
Section
Articles