MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA
Abstract
Adapun fokus utama ulasan ini adalah menggambarkan secara deskriptif dan holistik tentang pembelajaran bahasa Inggris berbasis ICT untuk meningkatkan prestasi siswa menengah atas (SMA) dalam bahasa Inggris secara menyeluruh. ICT sangat berperan penting dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kondisi prestasi siswa kususnya siswa SMA. Diharapkan pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT dapat menghasilkan model pengajaran yang tepat dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA. Selanjutnya, melalui produk pembelajaran bahasa Inggris berbasis ICT diharapkan mampu mengubah perilaku hidup dan pola berpiki para siswa secara positif sehingga tercipta berbagai perilaku dan pola berpikir, misalnya, perilaku tidak mau tertinggal, ingin cepat, toleran, berpikir kritis, dan kreatif. Oleh sebab itu, penggunaan teknologi informasi yang tepat merupakan suatu keterampilan yang sangat diperlukan dalam pengembangan kemampuan berbahasa Inggris untuk saat ini.
Downloads
References
Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu Yogyakarta.
Borg & Gall, 1989. Educational Research. New York: Pinancing.
Corder. 1973. Introducing Applied Linguistics. Harmondswort widdlesex: Penguin.
Crystal. 2000. Language Death. UK: Cambridge University.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi, Mata Pelajaran: Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Fachrurrozi, dkk. 2011. Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania Publishing.
Harmer. 1992. The Practice of English Language Teaching. London: Longman Group Ltd.
Hardjono Rayner. 2001. Kamus Populer Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kellaghan & Greaney. 2001. Using Assessment To Improve The Quality of Education. Paris: Imprimerie Alenconnnaise.
Kennedy. 1989. Language Planning and English Language Teaching. London: Prentice Hall.
Madya. 2004. Sosok Sejati Guru Bahasa Inggris Belum Muncul. Harian Kompas, Senin, 29 Maret 2004.
Purnawarman. 2002. Kolaborasi Melalui Internet: Pemanfaatan Internet dalam Mata Kuliah Menulis. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol.2, No. 2. April 2001.
Robinnet. 1978. Analisa Bahasa: Memahami Bahasa Secara Alamiah. Jakarta: Erlangga.
Rosita. 2007. Pengembangan Software Latihan Keterampilan Membaca Cepat sebagai Upaya Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bandung: UPI.
Siahaan. 2008. Sistem Manajemen Pengetahuan Berbasis Ontologi Untuk Industri. Surabaya: ITS.
Savignon. 1983. Communicative Competence. USA: Addision Weshley Publishing Company Inc.
PDF downloads: 3042