PERANAN GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang di selenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang di lakukan uuntuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa di dukung oleh guru yang profesional dan berkualitas.Mutu sekolah sangat ditentukan oleh keberadaan guru yang berkualitas yang mencakup dan menekankan pada tiga kemampuan, yaitu kemampuan akademik, kemampuan keterampilan, dan kemampuan sosial moral. mutu sekolah ditentukan oleh tiga variabel, yakni kultur sekolah, proses belajar mengajar dan realitas sekolah. Kultur sekolah merupakan nilai-nilai, kebiasaan-kebiasaan,upacara, slogan, dan berbagai perilaku yang terbentuk di sekolah dan diteruskan dari satu angkatan ke angkatan berikutnya baik secara sadar maupun tidak. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang di lakukan uuntuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa di dukung oleh guru yang profesional dan berkualitas. Dengan kata lain, perbaikan kualitas pendidikan harus berpangkal dari guru, berujung pada guru pula demi tercapainya mutu pendidikan yang baik.
Downloads
References
Alma, B. 2010. Guru Profesional, Menguasai Metode dan Trampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Arcaro, Jerome, S. 2006. Pendidikan Berbasis Mutu, Pustaka Pelajar, Yogyakarta: cet.3.
Danim, S. 2012. Pengembangan Profesi Guru, dari Prajabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Darma. A. 2003. Manajemen Supervisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2010. Pedoman Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas.
Mulyasa.E. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sallis, Edward. 2007. Total Quality Managemen in Education,IRCiSoD, Yogyakarata: Cet.VI
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2005. Bandung: Citra Umbara
Depdiknas. 2004.Model pembelajaran dan metode pembelajaran.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Usman, Husaini. 2008. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidika. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Usman, M. U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, U. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wibowo. 2008. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
PDF downloads: 1811