PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DAN X1 SMK BINA UTAMA DEPOK

  • Iin Asikin Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Learning Style, Emotional Intelligence, Learning Interest

Abstract

The purpose of this study was to obtain an answer empirically the effect (1) the learning style to learning interest partially, (2) the emotional Intelligence  to learning interest partially, and (3) the learning style and emotional Intelligence on learning interest simultaneously. This research was conducted at SMK Bina Utama Depok with 103 students as respondents.The method used was a survey with multiple linear regression analysis approach. Based on the research an calculations SPSS obatained the following results: (1 )There is the effect of learning style to learning interest partially, (2) There is the effect of  emotional Intelligence  to learning interest partially, and (3) There are the effect of the learning style and emotional Intelligence on learning interest simultaneously. Therefore, it could be concluded that high or low of learning interest effected directly by the learning style and emotional Intelligence. This conclucion implies that when we want to improve learning interest, we have to take on to consideration those two variables, learning style and emotional Intelligence as well.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memperoleh jawaban secara empirik  pengaruh (1) gaya belajar terhadap minat belajar secara parsial, (2) kecerdasan emosional terhadap minat belajar  secara parsial, dan (3) gaya belajar dan kecerdasan emosional terhadap minat belajar secara simultan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Utama Depok, dengan responden sebanyak 103 peserta didik. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan analisis regresi linear ganda. Berdasarkan penelitian dan perhitungan SPSS diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap minat belajar secara parsial, (2) Terdapat pengaruh  kecerdasan emosional terhadap minat belajar secara parsial, dan (3) Terdapat pengaruh gaya belajar dan kecerdasan emosional terhadap minat belajar secara simultan. Dari kesimpulan tersebut dapat dikatakan bahwa tinggi rendahnya minat belajar peserta didik ditentukan oleh gaya belajar dan kecerdasan emosional peserta didik. Oleh karena itu perbaikan pada minat belajar harus mempertimbangkan variabel gaya belajar dan kecerdasan emosional.

Kata Kunci : Gaya Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Minat Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Alwiyah. 2008. Quantum Learning. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Benny. 2011. Model Assure Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta : Dian Rakyat.

Juarsih, Cicih. 2014. Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Syarif.2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta : Pustaka Mandiri.

Suryabrata, Sumadi.2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Syah,Muhibbin.2003.Psikologi Belajar.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kusuma, Wijaya.2011. Menegenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT Indeks.

Slameto.2010. BelajarFaktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Darajat,Zakiah.2004. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik,Oemar.2003.Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah.2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Goleman, Daniel. 2006. Emotional Intelligence. Jakarta: Rineka Cipta.

Tridhonanto. 2009. Melejitkan Kecerdasan Emosi Buah Hati. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Article Metrics
Abstract views: 204
PDF downloads: 957
Published
2017-06-30
How to Cite
Iin Asikin. (2017). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DAN X1 SMK BINA UTAMA DEPOK. Visipena, 8(1), 70-87. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.378
Section
Articles