PENGARUH SKEMA PESERTA DIDIK DAN MEMBACA EKSTENSIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

  • Natalia Tri Astuti Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Skema, Membaca Ekstensif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh skema dan pemberian tugas membaca ekstensif terhadap hasil belajar bahasa Inggris peserta didik di SMA PGRI Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan populasi seluruh SMA PGRI di Jakarta Selatan, dan Sample dua SMA PGRI di Jakarta selatan. Penelitian ini menggunakan beberapa instrument dan tahapan. Berdasarkan hasil pengujian yang dibantu dengan SPSS 15.0. pada taraf signifikansi 0,05 maka diperoleh semua data berdistribusi normal dan homogen. Dan diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan antara skema dengan hasil belajar bahasa Inggris, Pengaruh yang cukup signifikan antara pemberian tugas membaca ekstensif dengan tidak membaca ektensif terhadap hasil belajar bahasa Inggris, dan terdapat sinergi atau pengaruh yang sangat signifikan secara bersama-sama antara skema dan membaca ekstensif terhadap hasil belajar bahasa Inggris peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya. D. Yusuf. 2016. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Vol.1 No. 2 Desember 2016. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan.

Aeni Nur’, Dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Unindra Press.

Dardjowidjojo. Soenjono. 2008. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Evelyn. Rientje. 2006. English Made Easy. Jakarta: Kesaint Blanc.

Hill. F Winfred. 2010. Theories Of Learning. Bandung: Nusa Media.

Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Richard.C.J, Renandya. A.W. 2002. Methodology In Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Soedarso. 2004. Speed Reading. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sternberg, Robert J. 2008. Psikologi Kognitif Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sutikno.M.Sobry. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Article Metrics
Abstract views: 166
PDF downloads: 227
Published
2017-06-30
How to Cite
Natalia Tri Astuti. (2017). PENGARUH SKEMA PESERTA DIDIK DAN MEMBACA EKSTENSIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. Visipena, 8(1), 98-107. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.380
Section
Articles