PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATERI PETA DI SMP NEGERI 16 BANDA ACEH
Abstract
Kooperatif learning tipe jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan secara positif dan bertanggung jawab secara mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah pendekatan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi peta di SMP Negeri 16 Banda Aceh. (2) bagaimana aktivitas siswa kelas VII dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning tipe jigsaw pada materi peta di SMP Negeri 16 Banda Aceh. tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui pendekatan kooperatif Learning tipe jigsaw pada materi peta di SMP Negeri 16 Banda Aceh; (2) untuk mengetahui aktivitas siswa kelas VIII dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning tipe jigsaw pada materi peta di SMP Negeri 16 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa, dan soal tes siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 62,50% siklus pertama menjadi 93,8% pada siklus kedua. (2) aktivitas siswa meningkat dari siklus pertama 75,80% menjadi 88,25% pada siklus kedua. Sehingga dari hasil yang didapat maka peneliti tidak melanjutkan penelitian untuk siklus ketiga karena pada siklus kedua siswa sudah mencapai ketuntasan belajar.
Downloads
References
Agip, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Strategi Kompetensi Mata Pelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosada karya
Kurtubi. 2009. Sudut Bumi IPS Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Nuh, Muhammad, S.W. Warsito, Muh. Nursa’ban. 2008. Mari Belajar IPS Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTS kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasioanal
Pupuh dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama
Ruslan. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudijono, anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosada karya
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sianar Baru Algensindo
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya
PDF downloads: 133