ANALISIS CAMPUR KODE DALAM LIRIK LAGU ACEH ALBUM BOH HATE 2 GOYANG LAGI

  • Trisfayani Universitas Malikussaleh
Keywords: Campur Kode, Lirik Lagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis campur kode dalam lirik lagu Aceh album Boh Hate 2 Goyang Lagi, dan (2) mengetahui faktor-faktor timbulnya campur kode dalam lirik lagu Aceh album Boh Hate 2 Goyang Lagi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Sumber data penelitian ini adalah sepuluh lirik lagu yang terdapat di dalam album Boh Hate 2 Goyang Lagi. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik simak atau observasi. Proses penelitian diawali dengan membaca data yang telah dikumpulkan, memilih yang sesuai dengan penelitian, yaitu campur kode, mengklasifikasikan berdasarkan campur kode, menganalisis data, menentukan penyebab terjadinya campur kode, kemudian menarik kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan jenis campur kode yang terjadi adalah jenis campur kode ke dalam yaitu bersumber dari bahasa asli dan segala variasinya, yaitu campur kode dalam bahasa Indonesia. Kemudian campur kode keluar yang bersumber dari bahasa asing yang merupakan campur kode dari bahasa Inggris. Penyebab terjadinya campur kode adalah untuk (a) mengakrabkan suasana, (b) meyakinkan topik pembicaraan, (c) membangkitkan rasa humor, (d) sekedar bergaya atau bergengsi, (e) untuk menegaskan maksud tertentu, dan (f) memamerkan keterpelajarannya atau kedudukannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudson, R.A. 1990. Sociolinguistics. Sydney: Cambridge University Press.

M.S. Mahsun. 2006. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ohoiwutun, Paul. 2002. Sosiolinguistik: Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan. Jakarta: Kesaint Blanc.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Rabiah, Sitti. 2013. Telaga Bahasa (Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1, Nomor 1, Juni 2013). Gorontalo: Kantor Bahasa ProvinsiGorontalo.

Rahardi, Kunjana. 2010. Kajian Sosiolinguistik: Ihwal Kode dan Alih Kode. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudaryanto. 1986. Metode Linguistik Bagian Pertama: Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Sumarlam, dkk. (2003). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Puspita Cakra Surakarta.

Sumarsono dan Paina Pariana, 2007. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwito. 1985. Sosiolinguistik: Pengantar Awal. Surakarta: Henary Offset.

Tim. 2003. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Article Metrics
Abstract views: 155
PDF downloads: 744
Published
2017-06-30
How to Cite
Trisfayani. (2017). ANALISIS CAMPUR KODE DALAM LIRIK LAGU ACEH ALBUM BOH HATE 2 GOYANG LAGI. Visipena, 8(1), 149-162. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.384
Section
Articles