KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN DITINJAU DARI SEGI BAHASA (ANALISIS KUALITATIF BUTIR SOAL)

  • Syahriandi Universitas Malikussaleh
Keywords: Kualitas, Butir Soal, Bahasa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketepatan penggunaan komponen/aturan kebahasaan dalam sebuah butir soal. Data dalam penelitian ini diambil pada soal semester ganjil pada kelas VI di SD Negeri BTN Seuriget. Data juga diambil hanya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jadi, sumber data penelitian ini adalah butir soal mata pelajaran Bahasa Indonesia semester ganjil di SD Negeri BTN Seuriget. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik pengumpulan data dengan studi dokumen. Analisis bahasa akan dianalisis dengan menggunakan kartu telaah soal, yaitu bentuk pilihan ganda dan uraian. Setiap soal akan diberi tanda letak ketidaklayakan soal. Setelah soal diberi tanda, soal tersebut akan dijelaskan secara terperinci apa yang menjadi kesalahan soal tersebut, lalu setiap soal akan diperbaiki sehingga menjadi soal yang layak dipakai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal dari segi bahasa umumnya dapat dikatakan sudah sesuai walaupun ada aspek yang masih belum sempurna, yaitu adanya soal yang menimbulkan penafsiran ganda

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. Tanpa tahun. Pengembangan Bahan ujian dan Analisis hasil ujian. (online). Diakses 2 Januari 2010.

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurkancana, Wayan dan Suanrtana. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang-Depdiknas. Tanpa tahun. Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda. (online) diakses 2 Januari 2010.

Razali. 1996. ”Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Soal Ebtanas SLTA”. Tesis Pascasarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung.

Subino. 1987. Konstruksi dan Analisis Tes; Suatu Pengantar kepada Teori Tes dan Pengukurannya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugono, Dendy. 1994. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.

Sukardi, M. 2009. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, M. Chabib.1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Article Metrics
Abstract views: 204
PDF downloads: 872
Published
2017-06-30
How to Cite
Syahriandi. (2017). KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN DITINJAU DARI SEGI BAHASA (ANALISIS KUALITATIF BUTIR SOAL). Visipena, 8(1), 174-183. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.386
Section
Articles