STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PROGRAM SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH

  • Hazal Fitri Dosen STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
Keywords: Principal Strategies, Increasing Teacher Competence

Abstract

Principal strategy is a factor that can encourage schools to realize the vision, mission, goals and targets of the school are implemented in a planned and gradual. The purpose of this research is to know the principal strategy in preparing the school program. This research uses descriptive method with qualitative approach. Data collection techniques used: 1) observation, 2) interview, and 3) documentation study. Research subjects: 1) principal, 2). teacher, 3). head of MGMP, 4) school committee and 5) supervisor. The results of the study show that the program to improve teacher competency is documented through annual program, RKS, and RKAS. The program is structured based on principal analysis that does not involve all school personnel. Programs devised to improve teacher competence are the development of the teacher profession through MGMP activities, carry out correct learning evaluations, understand and implement K-2013, educational research, personality training, community service, and professionally certified teachers. This problem is seen in the number of programs that can not be implemented. Evaluation is carried out according to the time schedule determined by the principal but sometimes even done suddenly by not preparing an instrument or guideline for the evaluation. The results of the evaluation are collected into a principal's notes and submitted to the MGMP meeting and forum activities as a follow-up to the evaluations that have been implemented. Obstacles faced by the headmaster and teacher / employee in performing their main tasks, so that the program is not yet completed and needs to be followed up, the limited funds to develop the program activities, the passive role of school committees, teachers are less motivated, driven, and moved personally in developing the profession.

 

Abstrak

Strategi kepala sekolah adalah merupakan faktor yang dapat mendorong sekolah untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam menyusun program sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) studi dokumentasi. Subjek penelitian :1) kepala sekolah, 2). guru, 3). ketua MGMP, 4)komite sekolah dan 5) pengawas. Hasil penelitian menunjukkan tentang program untuk meningkatkan kompetensi guru didokumentasikan melalui program tahunan, RKS, dan RKAS. Program disusun berdasarkan analisis kepala sekolah yang tidak melibatkan seluruh personel sekolah. Program yang disusun untuk meningkatkan kompetensi guru adalah pengembangan profesi guru melalui kegiatan MGMP, melaksanakan evaluasi pembelajaran secara benar, memahami dan melaksanakan K-2013, penelitian pendidikan, pelatihan kepribadian, pengabdian masyarakat, dan guru bersertifikasi profesi. Permasalahan ini terlihat pada banyaknya program yang tidak sempat terlaksanakan. Evaluasi dilaksanakan berdasarkan jadwal waktu yang telah ditentukan oleh kepala sekolah akan tetapi bahkan kadang-kadang dilakukan secara tiba-tiba dengan tampa menyiapkan sebuah instrumen atau pedoman pelaksanaan evaluasi. Hasil evaluasi tersebut dikumpulkan menjadi sebuah catatan kepala sekolah dan disampaikan pada kegiatan rapat dan forum MGMP sebagai tindak lanjut evaluasi yang sudah dilaksanakan. Hambatan yang dihadapi adanya kesibukan kepala sekolah dan guru/pegawai dalam melaksanakan tugas utamanya, sehingga adanya program yang belum tuntas dan perlu ditindaklanjuti, keterbatasannya dana sekolah untuk mengembangkan kegiatan yang telah diprogramkan, pasifnya peran komite sekolah, guru yang kurang terpacu, terdorong, dan tergerak secara pribadi dalam mengembangkan profesi.

Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Peningkatan Kompetensi Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan dan Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Harun, Cut Zahri. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pena Persada Desktop Publisher.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

--------. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murniati AR. (2008). Manajemen Stratejik (Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan). Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Murniati, AR dan Nasir Usman. (2009). Implementasi Manajemen Stratejik (Dalam Pemberdayaan Sekolah

Menengah Kejuruan). Bandung: Cipustaka Perintis.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Saud, Udin Syaefudin. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usman, Nasir. (2007). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung: Mutiara Ilmu.

Article Metrics
Abstract views: 180
PDF downloads: 942
Published
2017-12-31
How to Cite
Hazal Fitri. (2017). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PROGRAM SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH. Visipena, 8(2), 221-232. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.405
Section
Articles