PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI POKOK BENTUK-BENTUK KONFLIK SOSIAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN

  • Zuraida SMA Negeri 2 Peusangan
Keywords: Model of learning type of TPS and the results of the study

Abstract

The use of Models of learning type of TPS in an attempt to Improve the results of study sociology subject matter forms the social Conflicts in students of Class XI SMA Negeri 2 Peusangan. This research aims to know the increase results study sociology subject matter forms social conflict by using a model of learning type TPS on grade Class XI SMA Negeri 2 Peusangan. The research method used is the class action Research (PTK) which consists of 3 cycles. The subject of his research is the grade XI with total students as much as 29 students and students. Data analysis using comparative descriptive analysis techniques by comparing the initial conditions with the results achieved at each cycle, and a descriptive analysis of qualitative observation results by comparing the results of observation and reflection on the pre-release cycle, cycle I and cycle II. The results showed that: the application of Learning by using learning type TPS can improve the results of the study subjects Sociology subject matter forms the social conflict in the students of Class XI SMA Negeri 2 Peusangan. At the end of the cycle I, students learn as much as ketuntasan reached 72.41% (21), and students who hadn't as much as 27.59% (8 children), whereas at the end of the cycle II, a total of 93.10% (27 children) and as much as 6.89% (2 children) have not yet reached the ketuntasan study. With the average value of the cycle class I 60 and the average cycle class II 75. As for the non observation of the test results of the learning process shows the changes students more active during the learning process takes place. Overall average grade achieved a rise of 39.28%, and overall student learning ketuntasan achieved an increase of 165.51% if compared to the initial conditions.

 

Abstrak

Penggunaan Model Pembelajaran Tipe TPS Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Materi Pokok Bentuk-Bentuk Konflik Sosial Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sosiologi materi pokok bentuk-bentuk konflik sosial dengan menggunakan model pembelajaran tipe TPS pada siswa Kelas Kelas XI SMA Negeri 2 Peusangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 3 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang siswa dan siswi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi materi pokok bentuk-bentuk konflik sosial pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Peusangan. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 72,41% (21 anak), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 27,59% (8 anak), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 93,10% (27 anak) dan sebanyak 6,89% (2 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata- rata kelas siklus I 60 dan rata-rata kelas siklus II 75. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 39,28%, dan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai peningkatan sebesar 165,51% jika dibandingkan dengan kondisi awal.

Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe TPS dan Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Pusat Kurikulum, Balitbang, Depdiknas, Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen dikti.

Hamalik, Umar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2003. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hardiyanti Adwiana. 2006. Sosilogi Untuk SMA Berdasarkan KTSP. Jakarta: Widya Utama.

Henslim M. James. 2006. Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi. Jakarta: Erlangga.

Muklis. 2004. Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Nasution, S. 2007. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Sadiman, AM. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1995. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Pemerintah RI. 2003. UU RI no. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Yamin, M. 2004. Pengembangan Kompetensi Pebelajar. Universitas Indonesia, Jakarta.

Article Metrics
Abstract views: 69
PDF downloads: 343
Published
2017-12-31
How to Cite
Zuraida. (2017). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI POKOK BENTUK-BENTUK KONFLIK SOSIAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN. Visipena, 8(2), 295-310. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.413
Section
Articles