PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Dyah Anungrat Herzamzam STKIP Kusuma Negara
Keywords: Realistic Approach to Mathematics, Interests

Abstract

This study aims to increase interest in learning mathematics using a realistic mathematics approach on grade V SDN Pondok Jaya 3 Tangerang Selatan. This type of research is a collaborative classroom action research. The results showed that the realistic mathematical approach can increase interest in learning mathematics in grade V SDN Pondok Jaya 3 Tangerang Selatan. Increased interest has met the criteria indicated by the score of questionnaire interest in student learning has increased from before the action of 49% with low category, the first cycle of 58% with the category of moderate and on the second cycle of 85% with high category.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika menggunakan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SDN Pondok Jaya 3 Tangerang Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistic dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V SDN Pondok Jaya 3 Tangerang Selatan. Peningkatan minat telah memenuhi kriteria ditunjukan dengan Skor angket minat belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 49% dengan kategori rendah,  siklus I sebesar 58% dengan kategori sedang dan pada siklus II sebesar  85% dengan kategori tinggi

Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Minat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri Anugrahana (2010), Pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Yogyakarta: Tesis Universitas Negeri Yogyakarta.

Berk, L. E (2012). Development Throught The Lifespan Fifth Edition. (Terjemahan Daryanto). Pearson education Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).

Chrisnaji Banindra Yudha. (2014). Peningkatan Kepercayaan Diri dan Proses Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 1, 2014

Drijvers. P. (2000). Students encountering obstacles using a cas, International Journal of Computers for Mathematical Learning: Kluwer Academic Publishers.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Hamzah. B.Uno. (2009). Model pembelajaran (menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Heruman.(2008).Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kemmis & Mc. Taggart. (1988). The action research planner. Victoria: Deakin University

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nitko, A.J & Brookhart, S.M. (2007). Educational assesment of student. Upper Saddle Rive, New Jersey: pearson eduactional, Inc

Prima Dwi Utama. (2009). Hubungan antara Keharmonisan keluarga dengan Minat Belajar pada Siswa- Siswi

SMU PIRI I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Rita Eka Izzaty,dkk.(2008).Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta:UNY Press

Supinah. (2008). Pembelajaran matematika SD dengan pendekatan kontektual dalam melaksanakan KTSP. Yogyakarta: P4TK Matematika

Sugiyono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

_________________ (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Sutarto Hadi. (2002). Effective teacher profesional development for implementation of realistik mathematics education in indonesia. Disertasi. Enschede:print partnersips kamp

____________ (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. cetakan pertama Banjarmasin: Penerbit tulip

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sri Esti Wuryani Djiwandono. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana

Article Metrics
Abstract views: 3947
PDF downloads: 4192
Published
2018-06-30
How to Cite
Dyah Anungrat Herzamzam. (2018). PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Visipena, 9(1), 67-80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430
Section
Articles