PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
This study aims to increase interest in learning mathematics using a realistic mathematics approach on grade V SDN Pondok Jaya 3 Tangerang Selatan. This type of research is a collaborative classroom action research. The results showed that the realistic mathematical approach can increase interest in learning mathematics in grade V SDN Pondok Jaya 3 Tangerang Selatan. Increased interest has met the criteria indicated by the score of questionnaire interest in student learning has increased from before the action of 49% with low category, the first cycle of 58% with the category of moderate and on the second cycle of 85% with high category.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika menggunakan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SDN Pondok Jaya 3 Tangerang Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistic dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V SDN Pondok Jaya 3 Tangerang Selatan. Peningkatan minat telah memenuhi kriteria ditunjukan dengan Skor angket minat belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 49% dengan kategori rendah, siklus I sebesar 58% dengan kategori sedang dan pada siklus II sebesar 85% dengan kategori tinggi
Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Minat
Downloads
References
Andri Anugrahana (2010), Pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Yogyakarta: Tesis Universitas Negeri Yogyakarta.
Berk, L. E (2012). Development Throught The Lifespan Fifth Edition. (Terjemahan Daryanto). Pearson education Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).
Chrisnaji Banindra Yudha. (2014). Peningkatan Kepercayaan Diri dan Proses Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 1, 2014
Drijvers. P. (2000). Students encountering obstacles using a cas, International Journal of Computers for Mathematical Learning: Kluwer Academic Publishers.
Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
Hamzah. B.Uno. (2009). Model pembelajaran (menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif). Jakarta: Bumi Aksara.
Heruman.(2008).Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kemmis & Mc. Taggart. (1988). The action research planner. Victoria: Deakin University
Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nitko, A.J & Brookhart, S.M. (2007). Educational assesment of student. Upper Saddle Rive, New Jersey: pearson eduactional, Inc
Prima Dwi Utama. (2009). Hubungan antara Keharmonisan keluarga dengan Minat Belajar pada Siswa- Siswi
SMU PIRI I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.
Rita Eka Izzaty,dkk.(2008).Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta:UNY Press
Supinah. (2008). Pembelajaran matematika SD dengan pendekatan kontektual dalam melaksanakan KTSP. Yogyakarta: P4TK Matematika
Sugiyono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
_________________ (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sutarto Hadi. (2002). Effective teacher profesional development for implementation of realistik mathematics education in indonesia. Disertasi. Enschede:print partnersips kamp
____________ (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. cetakan pertama Banjarmasin: Penerbit tulip
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sri Esti Wuryani Djiwandono. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
PDF downloads: 4192