PROFIL KARAKTERISTIK SOAL UJIAN NASIONAL IPA SD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

  • Ridwan Jusuf Universitas Khairun
  • Wahyudi Universitas Pendidikan indonesia
  • Ana Ratnawulan Universitas Pendidikan indonesia
  • Udin Syaefudin Sa’ud Universitas Pendidikan indonesia
Keywords: Problem National Examination IPA, Bloom Bloom's Taxonomy

Abstract

This study aims to put the characteristics of the National Examination items in science at elementary school based on Bloom's taxonomy Bloom revision. Mapping it is based on the dimensions of the cognitive process and the level of thinking. This research uses survey method that is documentation study of UN (national examination) which is focus on the subject of science at elementary school. The results show that all items were made by central and local UN committe on the cognitive-process dimension with the mean of 1% recall (C1), understanding (C2) 13%, application (C3) 35%, analysis (C4) 41% , evaluation (C5) 9%, and create (C6) 2% whereas the average of basic thinking category is 48% and 52% high thinking category.

 

Abstrak

Penilaian dalam konteks pendidikan abad 21 diarahkan pada upaya membangun kompetensi yang meliputi kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi serta kemampuan menguasai media teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu  penilaian yang digunakan harus penilaian yang mengoptimalkan kerja otak. Penelitian ini bertujuan untuk memetakkan karakteristik soal Ujian Nasional IPA SD  berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Pemetaan berdasarkan dimensi proses kognitif dan tingkat berpikir. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu studi dokumentasi naskah UN khusus mata pelajaran IPA SD. Hasil menunjukkan bahwa secara keseluruhan soal yang dibuat oleh penyelenggaran UN pusat dan daerah pada dimensi proses kognitif  dengan rata-rata aspek mengingat (C1) 1%, memahami (C2) 13%, aplikasi (C3) 35%, analisis (C4) 41%, evaluasi (C5) 9%, dan mencipta (C6) 2% sedangkan rata-rata kategori berpikir dasar sebesar 48% dan kategori berpikir tingkat tinggi sebesar 52%.

Kata Kunci: Soal Ujian Nasional IPA, Taksonomi Bloom Revisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin. Y, 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: Refika Aditama

Anderson, L.W., and Krathwohl, D.R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

BSNP (2017). Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Sekolah (US) untuk Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/MI/SDLB)Tahun Pelajaran 2016/2017. Jakarta : BNSP

Budiman, A & Jailani. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 1-Nomor 2, (online).

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess High-er Order Thinking Skills in Your Class-room. Alexandria: ASCD

Anderson LW, Krathwohl DR. A 2001. taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New YorkNY: Longmans.

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Califorenia: Corwin Press, Inc.

Kemendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Kementerian Pendidikan Nasional: Jakarta.

Kemendikbud, 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta. Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Kemendikbud, (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (Edisi Revisi). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Mardapi, D; Kumaidi; Kartowagiran,B. 2011. Pengembangan Instrumen Pengukur Hasil Belajar Nirbias dan Terskala Baku. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan15(2): 326-341.

Krulik, S. and Rudnik, J. A. 1996. The New Source Book Teaching Reasioning and Pbroblem Solving in Junior and Senior High School. Massachusets: Allyn & Bacon.

Mutmainah. 2005. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Schraw, G, & Robinson, D.H. (2011). Assessment of Higher Order Thinking Skills. New York: Information Age Publishing, Inc

Sugiarto, A & Syahrizal, D. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional & Aplikasinya. Yogyakarta: Laskar Aksara

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prendamedia Group.

Sumantri, S. M. 2015. Strategi Pembelajaran. Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Article Metrics
Abstract views: 85
PDF downloads: 132
Published
2020-03-13
How to Cite
Ridwan Jusuf, Wahyudi, Ana Ratnawulan, & Udin Syaefudin Sa’ud. (2020). PROFIL KARAKTERISTIK SOAL UJIAN NASIONAL IPA SD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Visipena, 9(1), 115-127. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.436
Section
Articles