HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK

  • Intan Firdawati IKIP Siliwangi
  • Wahyu Hidayat IKIP Siliwangi
Keywords: Activity Learning, Mathematical Communication Skill

Abstract

The main purpose of this study is to see the relationship between the learning activities on the communication skills of vocational students. Quantitative research and correlational data analysis takes the population of all students of SMK Negeri 1 Cipanas - Cianjur. The samples used were non-random samples, ie 21 students of class XI TKJ 2 in SMK Negeri 1 Cipanas - Cianjur. The tool used for data collection is a matter of mathematical communication ability and questionnaire of student learning activeness. Data analysis technique used is correlation test with data criteria are normal and linear distributed. Based on the results of research, it can be concluded that the relationship between students 'learning activities to students' mathematical communication skills. The influence of the contribution given by students' learning activity toward mathematical communication is 70,02%.

 

Abstrak

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara keaktifan belajar terhadap kemampuan komunikasi siswa SMK. Penelitian kuantitatif dan analisis data korelasional ini mengambil populasi seluruh siswa SMK Negeri 1 Cipanas - Cianjur. Adapun sampel yang digunakan adalah sampel tak acak, yaitu 21 orang siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 1 Cipanas - Cianjur. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa soal kemampuan komunikasi matematis dan angket keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dengan kriteria data tersebut berdistribusi normal dan linier. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Besar pengaruh kontribusi yang diberikan keaktifan belajar siswa terhadap komunikasi matematis sebesar 70,02%.

Kata Kunci :  Keaktifan Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endahwuri, D. (2015). “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa”. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Vol.6, No. 1. ISSN 2579-7646

Firdawati, I., dan Rohmah, M, S. (2017). “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Cipanas Pada Materi Baris dan Deret”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol.5. (633-641). ISSN 2338-8315

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.

Ramlah., Firmansyah, D., Zubair, H. (2014). “Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)”. Jurnal Ilmiah Solusi Vol.1 No.3 (68-75)

Riduwan.(2010). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : ALFABETA

Ruseffendi, H. E. T. (1993). Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Depdikti

Wahid, U. (2012). “Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika”. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol.1 No. 1

Article Metrics
Abstract views: 1210
PDF downloads: 1631
Published
2018-06-30
How to Cite
Intan Firdawati, & Wahyu Hidayat. (2018). HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK. Visipena, 9(1), 151-158. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.448
Section
Articles