MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PENGGUNAAN METODE INKUIRI
Abstract
One of the important competencies that students have to master is the thinking skill. However, in schools it is very rare to learn history to develop these thinking skills. Related to that, the researcher tries to develop the learning of history by using inquiry method in an effort to cultivate students' critical thinking skill. This study aims to determine the improvement of students' keritis thinking skill in learning history using inquiry method. The instrument used to collect data in this research is the observation sheet, the test. Data collection was done by observation, test, and documentation with two cycle treatment. Data analysis is done by qualitative and quantitative descriptive. The result of the research shows that critical thinking skill of XI IPS-1 students of SMA Negeri 12 Banda Aceh on history learning can be improved by using Inquiry method. This is evidenced by the average percentage of the level of critical thinking skills that continue to increase from the initial stage only 32%, to 58.33 in cycle I and increased again to 72.83 in cycle II with enough category. The result of history learning on the students of class XI IPS-1 also continues to increase after the application of inquiry method, that is the completeness of klasiskal at the initial stage is only 36,67% with the mean value 59,33, become 66,67% at sisklus I with average average of 68,33 and become 96,67% in cycle II with average value 82.
Abstrak
Salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai siswa adalah keterampilan berpikir. Akan tetapi di sekolah sangat jarang dilakukan pembelajaran sejarah untuk mengembangkan keterampilan berpikir tersebut. Berkaitan dengan hal itu, peneliti mencoba mengembangkan pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode inkuiri dalam upaya menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir keritis siswa dalm pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode inkuiri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi dengan perlakuan dua siklus. Analisis data dilakukan dengan diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 12 Banda Aceh pada pembelajaran sejarah dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode Inkuiri. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata tingkat keterampilan berpikir kritis yang terus meningkat dari tahap awal hanya 32%, menjadi 58,33 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 72,83 pada siklus II dengan kategori cukup. Hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-1 juga terus mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode inkuiri, yaitu ketuntasan klasiskal pada tahap awal hanya 36,67% dengan rata-rata nilai 59,33, menjadi 66,67% pada sisklus I dengan rata-rata nilai 68,33 dan menjadi 96,67% pada siklus II denga rata-rata nilai 82.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Metode Inkuiri
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall.
Fajar, A. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Fisher, A. (2001). Critical Thinking An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.
Gulo,W. (2002). Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Paul, R dan Linda Elder. ( 2005). Critical and Creative Thinking.
Roestiyah. N.K. (2001). Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, S. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi aksara.
Supriatna, N. (2007). Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Bandung: Historia Utama Press.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Usman,U. (1993). Upaya Optimalisasi Kegitan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Wiriatmadja, R. (2002). Pendidikan Sejarah di Indonesia: Perspektif Lokal, Nasional, dan Global. Bandung: Historia Utama Press
______________. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas : Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosda Karya.
PDF downloads: 689